JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – LPG Bright Pertamina Diminati di Wilayah Kotaraja, Kota Jayapura, Provinsi  Papua, karena termasuk Membantu Suksesnya Usaha Ibu Atika, hal ini diketahui dari berbagai penelusuran terhadap pedagang pengguna  tersebut, Rabu, 4 September 2019.

 

Seperti yang kita ketahui wilayah Papua masih belum tersentuh Program LPG subsidi 3 Kg, secara umum masih menggunakan bahan bakar untuk memasak yaitu minyak tanah, bisa di beli pada penyedia minyak tanah setiap RT, melalui ijin RT masing-masing wilayah, rutin pembelian tanggal sudah di tentukan.

Masyarakat Pengguna LPG, Atika mengakui,  sejak menggunakan LPG, dirinya merasakan keuntungan lebih, praktis dan lebih hemat biaya. (Fransisca / lintaspapua.com)
Usaha Dagangan Ibu Atika, tampak menggunakan LPG memudahkan dan membantu usaha tersebut. (Fransisca / lintaspapua.com)

Namun Saat ini beberapa penyedia pangan kota Jayapura, mulai beralih mengunakan gas LPG Brightgas Pertamina untuk memasak pangan yang di perjual belikan, karena lebih menguntungkan, praktis, lebih murah.Rabu(4/9/2019)Kotaraja Jayapura.

 

Operator SPBU Kotaraja, Elizabeth menjelaskan dalam satu minggu menjual 100 tabung LPG, bervariasi ukuran 5,5kg, tabung 12 kg, dan 50 kg, untuk industri maupun rumah tangga.

“Biasanya kalau ibu rumah tangga belinya tabung LPG kecil ukuran 5,5 Kg, kita tidak ada jasa pengantaran, para ibu beli diangkut di motornya, kalau indrustri biasanya mereka bawa blakos, angkut tabung besar. Rata-rata satu minggu laku 100 tabung LPG segala ukuran. Kalau habis baru kita Pesan lagi,” Jelasnya.

 

Sementara itu, Masyarakat Pengguna LPG, Atika mengakui,  sejak menggunakan LPG, dirinya merasakan keuntungan lebih, praktis dan lebih hemat biaya.

“Mmiliki tiga tabung LPG, dalam satu bulan biasanya gunakan dua tabung gas untuk berjualan,” ujar Ibu Atika, yang berjualan kue coblak dan keju di Kotaraja Dalam.

Operator SPBU Kotaraja, Elizabeth menjelaskan dalam satu minggu menjual 100 tabung LPG, bervariasi ukuran 5,5kg, tabung 12 kg, dan 50 kg, untuk industri maupun rumah tangga. (Fransisca / lLPC)
Tabung LPG, bervariasi ukuran 5,5kg, tabung 12 kg, dan 50 kg, untuk industri maupun rumah tangga, du SPBU Kotaraja. (Fransisca / lLPC)

Dikatakan, bahwa dengan menggunakan LPG lebih bersih di tangan, lebih praktis, kalo untuk masak,  jualan jauh lebih hemat pengeluarannya.

“Bhakan  makanan yang di masak matang merata, api bisa di atur panasnya, tidak pernah lagi gosong sebagian seperti dulu,” jelasnya.

Diakui, dirinya memiliki dua tabung ukuran 5,5 kg, satu tabung 12 Kg, total 3 tabung LPG, supaya penjualan tidak tergangu, sebulan pemakain dua tabung LPG.

“Saya punya stock LPG. Sebelah Saya pakde lalapan ini juga sudah pakai LPG baru-baru ini,” tuturnya menceritakan pedagang lainnya juga ikut menggunakan LPG dalam membantu usaha dagangan mereka,” uangkapnya. (Fransisca/lintaspapua.com)