Kakanwil Kemenkum HAM Papua Bertemu Kapolda dan As Ops Mabes Polri Bahas Pengamanan Lapas se – Papua

0
225

ABEPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kakanwil Kemenkum HAM Papua, Iwan Santoso, usai melakukan kunjungan ke sejumlah Lapas, diantaranya Lapas Kelas II A Narkotika Jayapura yang berada di Doyo Kabupaten Jayapura, Lapas Kelas II A Abepura dan Rupbasan Kelas I Jayapura, hari ini Senin, 2 September 2019 Kakanwil bertemu Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Rudolf Albert Rodja di Jayapura.

Saat pertemuan tersebut, Iwan Santoso didampingi sejumlah pejabat tinggi Pratama Kanwil Kemenkum HAM Papua, Kepala Divisi Administrasi, Johan Manurung, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kurniaman Telaumbanua beserta Pejabat Eselon III dan IV.

Dalam pertemuan tersebut, Iwan Santoso, Kakanwil Kemenkum HAM Papua, kepada Irjen Pol. Rudolf Albert Rodja, As Ops Mabes Polri Irjen Pol. Martuani Sormin agar membantu pengamanan di Lapas seluruh Papua.

Hal ini dilakukan, mengingat beberapa waktu lalu Lapas Sorong dibakar massa pendemo berujung rusuh di Provinsi Papua Barat. Mengantisipasi hal tersebut terjadi di Papua, salah satu agenda pertemuan antara Kakanwil dan Kapolda Papua membahas terkait keamanan dan ketertiban di Lapas Se-Papua

” Kami meminta kepada Kapolda mengirim anggota untuk membantu kamtibmas di Lapas di Papua,” Ungkap Iwan Santoso (2/9)

Iwan Santoso yang sebelumnya telah meyakinkan dan memberikan penguatan kepada Kalapas Narkotika Jayapura dan Kalapas Abepura, secara langsung bertemu Orang nomor 1 Polda Papua, untuk meningkatkan semangat dalam menjalankan tugas melayani Narapidana pada Lapas dan Rutan.

Pertemuan Kakanwil Kemenkum HAM Papua dengan Kapolda Papua dan juga Wakapolda Papua bersama sejumlah Jenderal bintang 2 dari Mabes POLRI bertempat di Kantor Polisi Air Polda Papua membahas kerjasama kolaborasi dengan pihak kepolisian dalam pelaksanaan tugas dan fungsi penegakan hukum dan keamanan, baik itu pengawalan sidang narapidana, pemindahan narapidana maupun terkait pengamanan Lapas pasca demo rusuh di Papua.

Kakanwil berharap dengan koordinasi dan kolaborasi yang kuat bersama Polda Papua dapat mendukung komitmen bersama dalam keberhasilan pelayanan dan penegakan hukum di Tanah Papua.

Di tempat terpisah, Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki juga bertemu Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Dua Kadiv lainnya membahas hal yang sama, terkait Kamtibmas di Lapas/Rutan Se Papua. Wakapolda Papua berkomitmen untuk terus bangun koordinasi kolaborasi dengan pihak Kanwil Kemenkum HAM Papua sebagai mitra dalam penanganan Lapas dan Rutan agar tetap kondusif di Tanah Papua.  ( Humas Kemenkumham PAPUA )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here