Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Papua, Klemen Tinal, (Erwin / LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Papua, Klemen Tinal mengimbau para pengusaha di bumi cenderawasih agar memberi dukungan penuh terhadap munculnya bibit-bibit baru pecatur muda diatas tanah ini.

“Saya imbau para pengusaha dalam mendukung iven olahraga tidak hanya yang populer, tapi juga yang lain dan salah satunya catur”.

“Sebab dengan memberi dukungan, maka banyak pecinta olahraga yang respek tetapi juga bibit baru bakal muncul. Contoh turnamen catur yang kami gelar Butik Mamayo kawasan Ruko Dok II, dimana banyak ruko yang ikut memberikan tempat”.

“Bahkan hampir 2 – 3 ribu orang setiap hari datang selama kegiatan. Akhirnya ada multi player efek dimana masyarakat yang datang pun bisa membeli di toko sekitar turnamen catur hal ini yang saya harap bisa dipikirkan,” terang ia, usai menutup Open Turnamen Catur dalam rangka menyambut HUT RI ke 74, Jumat malam, pada salah satu hotel di Jayapura.

Oleh karenanya, dia berharap agar para pelaku usaha di Papua ini secara perlahan belajar untuk mempromosikan diri dengan cara yang beretika, yaitu dengan mendukung sejumlah turnamen olahraga-olahraga diatas tanah ini.

Sementara berkenaan dengan sejumlah iven turnamen catur, ia katakan berencana menggelar lomba secara rutin setiap tahun.

Iven ini dipandang penting untuk mengukur performance daripada cabang olahraga catur yang ada Provinsi Papua.

Diketahui, tim catur Kota Jayapura keluar sebagai juara umum Open Turnamen Catur dalam rangka memperingati Hut RI ke 74 tahun 2019 dan memperebutkan piala Ketua Pemprov Percasi Papua.

Dalam kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari (14 s/d 16 Agustus 2019) tersebut, Kota Jayapura meraih 3 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu. Disusul Kabupaten  Jayapura di posisi kedua dengan merebut 3 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu.

Open Turnamen Catur dalam rangka memperingati Hut RI ke 74 tahun 2019 itu, memperebutkan piala Ketua Pemprov Percasi Papua, yang juga diikuti atlet catur dari Provinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Berikut daftar juara Open Turnamen Catur dalam rangka memperingati Hut RI ke 74 tahun 2019, kategori senior (umum) juara pertama, Sukarnedi (Medan), juara kedua, Badrus (Kota Jayapura) juara ketiga, Saiful (Kabupaten Jayapura).

Kategori SMA Putra Juara Pertama Arya Ashari ( Kabupaten Jayapura), kedua, Rional (Kota Jayapura) dan juara ketiga Ibrahim Putra (Kota Jayapura), kelompok SMA Putri, juara pertama Sofia (Kabupaten Jayapura), kedua Anisa ( Kota Jayapura) dan juara ketiga Feriana Hokoyoku (Kabupaten Jayapura).

Kategori SMP putra, juara pertama Ahmad Rizky (Kota Jayapura), juara kedua Noval Tatayol (Kabupaten  Jayapura) dan ditempat ketiga Adriano Korwa (Kota Jayapura), kelompok putri, juara pertama Rut Tasya Pulanda (Kota Jayapura), juara kedua Aan Sibi (Kota Jayapura), ketiga Dona Aurel ( Kota Jayapura).

Kategori SD putra, juara pertama Cristian Ibo ( Kabupaten Jayapura), kedua, Efod Basudewo (Kabupaten Jayapura) Juara ketiga M Hasril Julio (Kota Jayapura). Kelompok putri, juara pertama Vindi Mansnembra (Kota Jayapura), kedua, Netanya Pakolo (Kabupaten Jayapura) dan juara ketiga Safira P Ramadani ( Kabupaten Jayapura).(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here