KEEROM (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74, Panitia tingkat Kabupaten Keerom menggelar kegiatan karnaval. pada Jumat Pagi (16/8/2019) kemarin.

Sebanyak ratusan orang berasal dari 30-an OPD/SKPD dan ormas dan lembaga pendidikan mengikuti kegiatan yang mengambil rute dari Dinas P dan P Keerom menuju Kantor Bupati Keerom.

Para peserta karnaval nampak antusias mengikuti kegiatan karnaval dengan beragam kostum bertema kemerdekaan dan budaya nusantara. Selain itu juga ada kendaraan hias dan sepeda hias bertema senada.

Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, pada acara pelepasan peserta di garis start memgemukakan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan sampai hari kemarin berjalan baik. Dan diharapkan juga demikian saat pelaksanaan puncak acara HUT RI yaitu upacara pengibaran bendera berjalan dengan baik.

‘’Pada hari ini kami bersyukur karena dalam rangka HUT RI kegiatan berjalan dengan baik, dan demikian pula harapan kami untuk seluruh masyarakat mendukung kegiatan puncak yaitu upacara bendera besok, (hari ini, red),’’ujarnya.

Kegiatan Karnaval dalam rangka HUT RI ke-74 tingkat Kabupaten Keerom. (Arief / LPC)

Selanjutnya peserta dilepas oleh Bupati Keerom. di bagian depan peserta karnaval Nampak budaya nusantara dari seni jaranan banyuwangi oleh sanggar seni dari Skanto. Diikuti SMP Negeri Arso Timur dan Inspktorat Keerom.

Sesampainya di garis finish, peserta disambut oleh Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP. Ia bersama Sekda, Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM, Asisten I setda Keerom, Sucahyo Agung,  dan beberapa pimpinan OPD nampak antusias. Para peserta selanjutnya menampilkan yel-yel-nya masing-masing dan selanjutnya melakukan foto bareng Wakil Bupati dan pimpinan OPD/SKPD.

Pada sambutan peserta di Finis, Wakil Bupati menyampaikan terimakasih kepada panitia dan peserta karnaval sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

“Kepada seluruh pihak yang mendukung lancarnya karnaval ini kami sampaikan terimakasih. Saya berpesan untuk kita semua agar terus lestarikan budaya, jaga nilai budaya dan mewariskan budaya ini ke generasi,” lanjutnya.

“Karena budaya adalah jati diri dan budaya adalah kita, jangan pernah tinggalkan kebudayaan. Jaga terus persatuan karena keragaman adalah kebaikan, dengan keragaman kita akan terus melangkah membangun dalam semangat Tamne Yisan Kefase,’’pungkasnya.

Sementara itu,  Ketua Panitia HUT RI ke-74, Kabupaten Keerom, dr. Ronny Situmorang, menyampaikan seluruh peserta kegiatan kegiatan termasuk karnaval nantinya diharapkan perwakilannya untuk mengikuti puncak acara HUT RI sekaligus pengumuman pemenang lomba-lomba yang digelar. (arief/lintaspapua.com)