Diihadiri Ka Kwarda Papua, Kristin L. Mano dan diwarnai pembagian beragam ‘door price’

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 350 Pramuka Penggalang se-Kwartir Cabang Keerom mengikuti Jambore Cabang ke-4 Kab Keerom, selama 4, yang pelaksanaan penutupannya dilakukan semalam, Jumat (16/8/2019) di Bumi Perkemahan Aividjan, Arso Swakarsa.

Kamabicab Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, saat memberikan hadiah ‘doorprice’ berupa sepeda motor kepada salah seorang pengalang, pada kegiatan penutupan Jambore Cabang ke-4 Kab Keerom, semalam. (Arief / LPC)
Ka Kwarda Papua, Ny. Kristin L. Mano, pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas berhasil dilaksanakan dengan baik kegiatan Jambore Cabang ke-4 Gerakan Pramuka Kab. Keerom. (Arif / LPC)

Kambicab Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, dan Ka Kwarda Papua, Ny. Kristin L Mano, serta Ka Kwarcab Keerom, Drs. Irwan, SPd, MMPd, MMT, turut hadir dan menutup secara resmi kegiatan tersebut. Acara penutupan dirangkaikan dengan acara api unggun, dan pagelaran budaya nusantara yang ditampilkan oleh masing-masing kwartir ranting peserta kegiatan.

Ka Kwarda Papua, Ny. Kristin L. Mano, pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas berhasil dilaksanakan dengan baik kegiatan Jambore Cabang ke-4 Gerakan Pramuka Kab. Keerom. Karena menurutnya setiap peserta Jambore akan mendapatkan pengalaman positif bagi dirinya di setiap kegiatan yang diikuti dalam jamboree cabang.

“Jambore biasanya dilaksanakan dan diikuti oleh pramuka penggalang dan sekaligus sebagai ajang seleksi bagi iven lanjutan yaitu untuk jambore daerah dan Jambore nasional. Juga dalam rangka peringatan HUT Pramuka ke-58. Kita harapkan kegiatan yang dilakukan oleh Kawrcab dapat memberikan pengalaman-pengalaman baru bagi adik-adik penggalang,” tuturnya.

karena setiap tingkatan yang diikuti dalam pesta dan kegiatan di tiap tingkatan tersebut, karena iven 4 tahun ini tentunya belum tentu mereka ikuti lagi pada Jambore Cabang berikutnya,’’jelasnya.

Sedangkan Kamabicab Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, mengemukakan bahwa kegiatan Jambore Cabang yang digelar oleh Kwarcab Keerom, adalah agenda cabang termasuk iven-iven yang digelar secara rutin di Keerom, sekaligus sarana pembinaan generasi muda.

“Beberapa iven yang kita laksanakan setiap tahun sebagai agenda kalender rutin Kwarcab keerom, untuk pelaksnaaan kali ini sekaligus momentum HUT RI ke-74 dan HUT Pramuka ke-58. Apalagi karena kita mendapat kepercayaan di wilayah timur oleh Kwarda Papua, untuk mengikuti beberapa iven nasional dari Kwarda untuk mengikuti lomba di tingkat nasional,’’ tuturnya.

Sementara itu Ka Kwarcab Keerom, Drs. Irwan, SPd, MMPd, MMT, menyatakan rasa syukurnya karena Jambore Cabang ke-4 dapat berjalan lancar. ‘’Alhamdulillah semua berjalan lancar, semua materi berhasil dilaksanakan dan semua target tercapai, tak ada hambatan yang berarti. Hasil Kwarcab kali ini akan kami bawa untuk ikuti jambore daerah di Nabire tahun depan dan setahun berikutnya nasional di Cibubur,’’ujarnya.

Ia menambahkan untuk kegiatan Jambore cabang kali ini hanya diikuti 5 kwaran, karena 6 kwaran lainnya tidak menggelar Jambore Ranting. ‘’Sehingga 5 cabang inilah yang melaksanakan. dari 5 Kwaran ini sebanyak 350 orang penggalang terdaftar mengikuti kegiatan,’’pungkasnya.

Pada acara tersebut, juga dilakukan kegiatan kuis bagi peserta Jambore dengan beragam hadiah, diantaranya 2 unit sepeda dan 1 unit sepeda motor. Sementara pada acara pembukaan telah dibagian hadiah mulai dari kipas angina, mesin cuci, dispenser, dan lain-lain.   (arief/lintaspapua.com)