Jhony Banua Rouw  Anak Asli Yapen Barat, Asosiasi Pemuda Saireri Dukung JBR Pimpin DPR Papua

0
1311
Asosiasi Pemuda Saireri Papua, sebagaimana kumpulam organisasi Pemuda yang berasal dari daerah Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire Pesisir, dan Mamberamo Bagian Barat., saat berikan keterangan pers. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Jhony Banua Rouw merupakan salah satu caleg DPR Papua yang berasal daerah Pemilihan (dapil) Papua 6 dengan memperoleh 79.520 suara berdasarkan hasil pleno KPU Papua Partai Nasdem yang memiliki perolehan suara tertinggi pada partai Nasdem, sehingga Asosiasi Pemuda Saireri – Provinsi Papua  mendukung beliau sebagai salah satu putra Papua untuk menduduki kursi Pimpinan DPRP kami yakin beliau amanah.

Ketua Pengprov Perbakin Papua, Jhony Banua Rouw, kepada awak media, usai peresmian Shoting Klub Kodam XVII Cenderewasih, Rabu, (10/10/2018). (ISTIIMEWA)

Penegasan ini disampaikan Asosiasi Pemuda Saireri Papua, sebagaimana kumpulam organisasi Pemuda yang berasal dari daerah Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire Pesisir, dan Mamberamo Bagian Barat.

 

“Bahwa dengan berakhirnya proses sengkata PHPU DPR di Mahkamah Konstitusi maka kami Asosiasi Pemuda Saireri – Papua  mengucapkan selamat kepada bapak Jhony Banua Rouw yang telah  terpilih sebagai salah satu anggota DPR Papua dari dapil Papua 6,” ujar Ketua Made Formatur, Gifli Buinei kepada media di Abepura, Selasa (13/8/2019).

Dikatakan, bahwa pihaknya melihat berdasarkan jumlah perolehan kursi oleh partai Nasdem selaku partai Pemenang. Sesuai dengan amanat UU no 2018 Perubahan Kedua Atas UU No 17 tahun 2014 tentang MD3 pasal 427 D ayat 1 huruf “b” yang menyatakan bahwa Pimpinan Dewan berasal dari Partai Politik pemenang atau yang memperoleh kursi terbanyak.

“Dan saat ini Partai Nasdem adalah pemenang pemilu untuk DPRP Papua, walaupun secara perolehan kursi sama dengan Partai Demokrat yang sama-sama memperoleh 8 kursi namun berdasarkan Jumlah perolehan suara Partai Nasdem unggul, maka secara Aturan perundang-undangan Partai Nasdemlah yang berhak menduduki posisi Pimpinan Dewan,” ungkapnya, yang dibenarkan Pemuda Saireri, Nikolas Imbiri.

 

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi Pemuda Saireri – Papua, Sundi Wayangkau mengatakan, bahwa pihaknya meminta kepada DPP dan DPW Nasdem Papua untuk menunjuk Jhony Banua Rouw sebagai Pimpinan dewan Karena ini sesuai UU MD3.

 

“Jhony Banua Rouw merupakan Orang asli Papua karena Marga Rouw berasal dari daerah Yapen Barat. Kabupaten kepulaun Yapen Wilayah adat Saireri,” jelas Sundi Wayangkau.

 

Asosiasi Pemuda Saireri berharap, berharap beliau bisa amanah sebagai Wakil Rakyat, Agenda paling dekat adalah PON XX di Papua mudah-mudahan beliau bisa bekerja secara maksimal untuk mensukseskan PON nanti. Yang berikut kami berharap dengan sisa waktu yang ada beliau bisa bekerja lebih masimal guna pengimplementasian UU Otsus di Papua.

 

“Kalau beliau berkesempatan menduduki kursi ketua DPR Papua, Jabatan tersebut harus mendorong beliau untuk  mendedikasikan diri sepenuhnya kepada rakyat Papua. Dan juga ketika menduduki Ketua DPR Papua Kami minta beliau harus mampu memberdayakan pemuda Papua,” tutur Sundi dalam pesannya mengakhiri keterangan pers yang disampaikan. (Fransisca / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here