JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Untuk memastikan seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kota Jayapura paham prosedur Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Jayapura terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Salah satunya warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Abepura Kota Jayapura, Kamis (08/08/2019).

BPJS Kesehatan Jayapura Edukasi Program JKN-KIS ke Warag Binaan Lapas Klas IIA Abepura. (ISTIMEWA)

Kepala Lapas Klas IIA Abepura, Kornelius Rumboirusi berpesan,  agar narapidana mempertanyakan apa yang belum  dipahami terkait Program JKN-KIS.

“Pertama- tama disampaikan terima kasih kepada tim BPJS Kesehatan karena telah meluangkan waktu untuk memberikan informasi terkait Program JKN-KIS. Kami harapkan warga binaan bahkan petugas lapas agar dapat menyimak dengan baik sosialisasi ini dan menanyakan segala sesuatu tentang Program JKN-KIS,” kata Kornelius.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Freda Yanne Imbiri menyampaikan, bahwa  materi kepada peserta yang hadir dengan jumlah sekitar 140 warga binaan serta pegawai lapas.

 

Dalam diskusi kali ini, Freda menyampaikan informasi terkait dengan alur pelayanan, hak dan kewajiban bagi peserta, landasan hukum Program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan, jenis-jenis segmen kepesertaan, manfaat Program JKN-KIS serta arti penting memiliki perlindungan jaminan kesehatan.

 

Freda juga menyampaikan, bahwa jika sudah menjadi peserta JKN-KIS peserta dapat berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat terdaftar yang tertera di kartu JKN-KIS-nya, dan apabila sedang berada di luar daerah, peserta dapat mengunjungi FKTP terdekat untuk mendapatkan pelayanan. Manfaat dari program ini sangat besar bagi peserta selama mengikuti alur dan prosedur yang sudah ditentukan oleh berbagai pihak maupun oleh Fasilitas Kesehatan.

BPJS Kesehatan juga mempermudah bagi peserta untuk pengurusan administrasi tanpa harus datang ke kantor cukup dengan menghubungi  BPJS Kesehatan Care Center 1500400 semua kendala dapat diatasi selama 24 Jam.

 

Bagi yang memiliki smartphone juga dapat mengunduh aplikasi dari inovasi BPJS Kesehatan yaitu Mobile JKN yang dapat diunduh di playstore dan appstore di ponsel android atau IOS.

Keuntungan yang didapatkan dari aplikasi ini adalah memudahkan peserta JKN-KIS dan masyarakat dalam melakukan pendaftran, perubahan data, mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan menyampaikan pengaduan dan informasi seputar JKN-KIS serta dapat menampilkan KIS Digital pada saat berobat apabila kartu fisik ketinggalan.

 

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya BPJS Kesehatan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat dan memberikan informasi yang tepat, guna meningkatkan pemahaman masyarakat akan hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS serta meluruskan informasi kurang benar yang diterima oleh masyarakat,” ujar Freda Yanne Imbiri mengakhiri penjelasannya. (Fransisca / lintaspapua.com)