Beredar Foto Gubernur Papua Dengan Bendera Bintang Kejora, Relawan TIK “INI HOAX”

0
1375

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Lagi-lagi viral di sosial media, sebuah foto dalam momentum Konferensi Tingkat Tinggi Amerika – Afrika pada tahun 2014 lalu di Washington DC yang sengaja diubah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Saat itu, Obama menjadi tuan rumah hari terakhir KTT pertama untuk memperkuat hubungan antara Amerika Serikat dan negara-negara Afrika.

Fakta foto tersebut adalah presiden Mozambique Armando Guebuza sedang berbicara di tengah Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dan Presiden Zambia, Michael Sata.

Namun diedit sedemikian rupah menjadi foto Gubernur Papua, Lukas Enembe menggantikan presiden Mozambique.

Pada latar belakang/ background juga mengalami proses editing dari yang tadinya bertuliskan U.S-AFRICA Leaders Summit menjadi U.S-PAPUA Leaders Summit.

Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Papua, Markus Imbiri, S.I.Kom mengatakan, pihak  dapat editan foto ini dari sosial media Facebook. “foto ini dari potretanakmelanesia.blogspot.com,” kata Markus.

Blog tersebut menuliskan judul “Diam-diam Lukas Enembe Bertemu Dengan Presiden Obama (AS) dan Presiden Zimbia di Kota Washington,”. Namun konten tersebut sudah di hapus, tambah Markus ketikan di wawancarai  di Abepura, Jumat (9/8/2019). (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here