Koordinasi Tim Panja Tata Tertib DPRD Kabupaten Keerom bersama Kanwil Kemenkumham Papua

0
154

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kantor Wilayah Kemenkumham Papua hari ini (8/8) mendapatkan kunjungan dari Tim Panja Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Keerom. Kunjungan Tim Panja tersebut yang di ketuai oleh Bambang Mujiono di terima langsung oleh Plh.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Max Wambrauw yang didampingi oleh Kepala Bidang Hukum Sutrisno dan 3 Orang Perancang Peraturan Perundang-Undangan yaitu Selvi, Hendra Thamrin dan Dwi Agus Prasetyo.

Dalam kujungannya, Bambang Mujiono menyampaikan bahwa sesuai amanat Undang- Undang Nomor 12 tahun 2011 dimana setiap penyusunan peraturan perundang-undangan harus didampingi oleh tim Kemenkumham sebagai legal drafter yang hingga kini belum ada, maka ia berharap adanya pelatihan bagaimana tahapan penyusunan perda mengingat 5 tahun terakhir kabupaten keerom tidak cukup produktif dalam menyusun perda maupun mengevaluasi perda yang sudah tidak memiliki pokok peraturan yang ada diatasnya bahkan ada yang sudah dihapus, karena tidak memiliki relevansi dengan keadaan saat ini.

Lebih lanjut Bambang mengharapkan, pendampingan akan berkelanjutan karena hingga akhir tahun 2019 kabupaten keerom menargetkan tersusunnya perda pendidikan, batas wilayah adat dalam hukum positif untuk menghindari konflik antar suku.

Menanggapi harapan DPRD kab keerom tersebut Plh. Kepala Kantor Wilayah Max Wambrauw mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan atas antusias DPRD kabupaten keerom dalam meningkatkan kualitas Perda yang ingin dihasilkan salah satunya dengan adanya pelatihan dalam menyusun perda dengan kata lain tahapan penyusunan perda selain tentunya melibatkan Perancang Peraturan Perundang-Undangan kemenkumham yg telah diwajibkan dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011.

Lebih lanjut Max Wambrauw menghimbau, adanya MoU antara Kanwil kemenkumham papua dengan kabupaten keerom untuk pendampingan penyusunan perda sehingga lebih tertib administrasi dan ketentuan lainnya.

Dalam pertemuan ini Kepala Bidang Hukum Sutrisno menanggapi dengan rasa syukur akan atensi DPRD Kabupaten Keerom dalam penyusunan perda dan mengharapkan setelah adanya MOU akan adanya penyusunan rencana kerja sehingga mulai dari perencanaan perda hingga tahap evaluasi perda yang telah dihasilkan termaksud didalamnya melakukan seleksi perda yang telah ada dan evaluasi apakah perda yang akan dibuat perlu atau tidak.

Mengakhiri kunjungannya Bambang mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenkumham Papua yang telah menerima dan memberikan saran untuk Penyusunan erda dan akan berkoordinasi dengan bupati dalam penyusunan MOU tersebut. ( www.papua.kemenkumham.go.id )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here