SENTANI (LINTAS  PAPUA) – DPD KNPI Kabupaten Jayapura akan melakukan evaluasi terhadap semua kepengurusan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) yang ada di Kabupaten Jayapura dan juga kepada seluruh kepengurusan KNPI di tingkat Distrik.

Hal ini disampaikan Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura, Tedd Suebu, Selasa (6/8/2019) saat dikonfirmasi wartawan usai pembukaan Rapat Pimpinan Kabupaten (Rapimkab) KNPI Kabupaten Jayapura, di Hotel Grand Tahara, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi, di Rapimkab ini merupakan pra untuk menuju musda. Kemudian melalui Rapimkab ini juga ada kesepakatan dalam menentukan hari tanggal dan tempat pelaksanaan musda yang akan datang. Dan, yang terpenting disini adalah wujud kemitraan pemuda KNPI bersama pemerintah bahwa semua yang telah ditetapkan pada rapimkab ini,”ungkap Tedd Suebu.

Lanjut dia mengatakan, setelah teregistrasi semuanya akan ditetapkan menjadi peserta, untuk mengikuti Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kabupaten Jayapura pada akhir bulan Agustus nanti.

“Dengan demikian, inilah organisasi kepemudaan yang legal di Kabupaten Jayapura. Yang mana, keberadaannya diakui oleh pemerintah daerah. Diayomi, diberi perhatian dan dibina oleh pemerintah, melalui kebijakan aturan dan kebijakan anggaran untuk pembinaan pemuda di daerah ini,” tuturnya.

Tedd mengimbau kepada semua pemuda di Kabupaten Jayapura, untuk bersatu padu di dalam gerbong KNPI milik bersama guna bermitra dengan pemerintah dan semua pihak. Selain bersatu, disisi lain perlu bersama-sama ikut melaksanakan visi dan misi pembangunan di Kabupaten Jayapura.

“Bukan cuma itu saja, semua agenda daerah dan nasional yang terjadi di daerah ini seperti Go Adipura, PON XX tahun 2020 dan pesta demokrasi yang akan datang dan seterusnya itu peran pemuda sangat penting dalam semua momentum ini. Dan, terpenting jangan ada perbedaan yang bisa memecah belah persatuan di Kabupaten Jayapura,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura, Yaan Yoku S.Sos., M.MT., mengatakan, pemerintah daerah selalu memberikan dukungan positif terhadap KNPI. Tapi, juga pemerintah daerah berharap kepada generasi muda di Kabupaten Jayapura bisa bersatu lagi dan tidak terkotak-kotak dalam urusan organisasi, yang diinginkan adalah semangat dan tekad pemuda bisa dipakai untuk energi positif dalam mendukung pemerintah kabupaten jayapura untuk membangun ke depan, apalagi tidak lama lagi akan dihadapkan hajat penting.

 

“Ada 2 hajat penting, mengejar adipura dan PON dan keterlibatan generasi muda dalam 2 urusan ini sangat luar biasa karena itu generasi muda di kabupaten jayapura sekali lagi harus bagaimana bisa bersatu tidak terkotak-kotak dan bagaimana membangun komunikasi kembali untuk jadi satu semangat,”ungkapnya.

 

Disinggung soal minimnya bantuan dana pembinaan kepada KNPI, dia menyampaikan hal tersebut dipengaruhi organisasi yang tidak sehat sehingga mengganggu perencanaan di pemerintah, setelah mendengar masukan dari para pengurus selanjutnya dirinya akan sampaikan keluhan tersebut kepada Bupati.

 

“Meski di Provinsi dan Pusat ada 2 kepemimpinan tetapi di kabupaten jayapura harus 1, cuma ini tadi bagaimana supaya di kabupaten jayapura ini 1 , itu yang nanti kita coba bangun komunikasi dan diskusi langkah strategis seperti apa,”pungkas Yann. (Irf)