Bupati Mathius Awoitauw  Harap Media Jembatani Aspirasi Rakyat ke Pemerintah Daerah

0
535
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP., dan Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, saat Gelar Coffee Morning dengan Insan Pers. (Irfan)

SENTANI (LINTAS  PAPUA)  –  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP., dan Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon menggelar coffe morning dengan para wartawan media cetak, media online dan media elektronik di Suni Garden Lake Hotel and Resort Sentani, Selasa (6/8/2019) kemarin.

Coffe morning ini dilaksanakan guna mempererat jalinan silaturahmi dengan para insan pers dan juga memperkuat jalinan kerjasama antara media dengan pemerintah sebagai mitra kerja serta membahas kerjasama dalam bentuk penyampaian beberapa program pemerintah untuk pembangunan di Bumi Khenambay Umbay.

Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan wartawan media cetak, media online dan elektronik ini diawali dengan minum kopi dan makan kue bersama.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si., dalam sambutannya mengatakan, bahwa media massa, baik itu cetak, elektronik dan online yang memiliki pos liputan di Kabupaten Jayapura diharapkan mampu menjembatani aspirasi rakyat ke Pemerintah Daerah (Pemda) setempat melalui aktivitas pemberitaan.

“Kami sadar bahwa, pemerintah tidak selamanya ada di tengah-tengah masyarakat, sehingga aspirasi masyarakat kadang tidak tersalurkan ke kami. Untuk itu, peran media sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Mathius mengatakan, kemitraan antara media dan pemerintah hendaknya dibangun secara baik. Agar informasi-informasi tentang capaian pembangunan daerah dapat disalurkan lewat media kepada publik di Kabupaten Jayapura.

Dikatakan, tanpa adanya dukungan dari media maka tentu semua pembangunan yang merupakan capaian kinerja pemerintah tidak sepenuhnya dapat diketahui oleh masyarakat.

Sebab itu, bupati mengajak semua media baik media cetak, media elektronik dan media online untuk membantu pemerintah dengan menyebarluaskan informasi pembangunan kepada rakyat di Bumi Khenambai Umbai.

“Saya berharap, media bisa menjadi jembatan untuk menyalurkan aspirasi rakyat. Aspirasi di masyarakat sangat beragam, kami mempunyai keterbatasan dalam menjangkau aspirasi, disinilah teman-teman media memainkan peran untuk meneruskan aspirasi lewat pemberitaan,” ungkapnya.

Menurutnya, kemitraan yang akan terbangun antara media dan pemerintah tidak bermaksud membatasi kebebasan pers, tetapi lebih kepada penyampaian informasi yang bersifat edukasi dalam pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

Bupati juga menegaskan, setiap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di dinas, badan, kantor dan distrik di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk tidak menutup diri dari media manakalah media meminta data atau wawancara terkait capaian kinerja OPD.

“Jika ada kepala dinas atau kepala distrik yang tidak membuka diri kepada media maka rekan-rekan media bisa langsung memberitahukan kepada kami supaya sebelum coffe morning dalam bulan berjalan kami atas nama kepala daerah akan mengundang kepada dinas atau kepala distrik tersebut utuk hadir dan menjelaskan di saat coffe morning,” tegas bupati.

Ditepat yang sama, wartawan senior Papua yang juga sebagai presenter TVRI Papua, Lamek Rumkabu atas nama semua wartawan yang pos liputan di Kabupaten Jayapura menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Jayapura yang mana telah menydiakan ruang dan waktu untuk berdiskusi dengan awak media lewat acara coffe morning.

“Kami juga berharap, supaya kedepan pemerintah dapat memberikan kesempatan kepada kami untuk bekerja sesuai dengan profesi kami, sehingga kemitraan yang sedang dibangun ini tidak berdampak pada pembatasan terhadap kinerja jurnalis di daerah ini,” harap Lamek.

Acara coffee morning ini juga diisi dengan acara tanya jawab serta dialog antar Pemerintah Kabupaten Jayapura dengan para insan pers menyangkut kerjasama halaman, arah kebijakan dan juga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Jayapura. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama Bupati Jayapura dengan para wartawan.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah Kepala OPD seperti Sekretaris Bappeda Parson Horota, Kepala BPKAD Subhan, Kepala Dinas Perhubungan Alfons Awoitauw, Kepala Inspektorat Meiyer Suebu, Kepala Dinas Pariwisata Joko Sunaryo, Kabag Humas Setda Kabupaten Jayapura Sabri M. Nur dan Kasubag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Jayapura Timotius Taime. (Irfan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here