OPD di Kabupaten Jayapura Diminta Realisasi Fisik : Progres Realisasi Penyerapan Anggaran APBD 2019

0
443
Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, Edi Susanto, saat diwawancara. (Irfan)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) –  Demi mengoptimalkan pencapaian kinerja para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Kabupaten Jayapura pada Semester I ini, maka Pemkab Jayapura melaksanakan rapat tertutup Rapat Evaluasi pencapaian serapan anggaran APBD Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2019 Semester I.

Acara ini digelar di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Selasa (16/7/2019) kemarin pagi, acara ini dipimpin langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Edi Susanto bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura Parson Horota, Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura,  Subhan dan Kepala Inspektorat Meyer Suebu dan dihadiri oleh seluruh Kepala OPD di Lingkup Kabupaten Jayapura.

Rapat ini merupakan agenda rutinitas yang dilaksanakan pada setiap tahun, dengan fokus untuk membahas berbagai hal terkait dengan penyelenggaraan program-program pembangunan, khususnya yang dibiayai dari dana APBD Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2019.

Dalam rapat evaluasi tersebut juga dihadiri para asisten, Kabag, Kadis, Kabid dan bendahara pengeluaran, serta Kepala Distrik se-Kabupaten Jayapura.

Dari rapat tersebut diketahui progres realisasi penyerapan APBD Kabupaten Jayapura di Semester I baru mencapai 44 persen, sedangkan untuk program kegiatan mencapai 27 persen.

Selanjutnya progres pendapatan baru mencapai 44 persen, kemudian progres keuangan baru mencapai 27 persen.

“Ini (rapat evaluasi) digelar untuk melihat sejauh mana pelaksanaan APBD Kabupaten Jayapura tahun 2019 pada semester pertama. Baik itu penyerapan anggaran, pertanggungjawaban maupun pelaksanaan program kegiatan,” kata Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, Edi Susanto ketika ditanya oleh wartawan harian ini usai rapat tertutup Rapat Evaluasi APBD Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2019, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (16/7/2019) kemarin siang.

Hasil dari rapat evaluasi ini, kata Edi, sangat banyak harus segera di seriusi oleh Perangkat Daerah (PD) yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan, karena itu akan berdampak pada penyerapan anggaran. Juga setelah nanti kegiatan itu dilaksanakan lalu anggarannya bisa di cairkan. Maka tidak boleh lupa bahwa pertanggungjawaban benar-benar harus menjadi perhatian, sehingga nanti seiring antara pelaksanaan dengan pertanggungjawaban.

Edi berharap, kepada beberapa OPD yang kegiatannya masih minim agar dipacu pelaksanaannya, terutama untuk kegiatan fisik.

Selanjutnya Edi berharap kepada beberapa OPD untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan jajarannya. Serta OPD serius mengkoordir jajarannya dalam rangka pencapaian program kegiatan yang sudah ditetapkan dan juga sudah dirancang oleh semua pihak untuk dilaksanakan.

“Karena ini waktunya hanya tinggal lima bulan efektif, maka itu kami mengimbau bagi beberapa PD yang kegiatannya masih minim pelaksanaannya, untuk segera dipacu dan dikoordinasikan dengan jajarannya guna mempercepat kegiatan-kegiatan itu dilaksanakan. Karena berkaitan dengan pencapaian visi dan misi daerah. Kalau tidak segera dilaksanakan, maka nanti akan terbentur lagi dengan penyusunan anggaran tahun 2020 dan juga ada iven-iven kegiatan daerah yang lainnya,” tutup Edi Susanto. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here