BIAK (LINTAS PAPUA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor mengadakan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD kabupaten biak numfor pada Pemilihan Umum tahun 2019. sebanyak 25 caleg terpilih akan menduduki 25 kursi di DPRD kabupaten biak numfor serta alokasi kursi di DPRD Kabupaten. rapat pleno terbuka berlangsung di Gedung Wanita Biak, Senin (22/07 2019)

“Kita sudah tetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih 25 orang Melalui rapat pleno terbuka hari ini kami lakukan di Kabupaten Biak Numfor untuk DPRD kabupaten tidak ada gugatan ke MK. ada 6 Kabupaten di Papua yang hari ini melakukan pleno terbuka jadi hasil ini kami akan bawa ke Jakarta besok di KPU RI untuk kami sampaikan secara aturan.” Ujar ketua KPU Biak Numfor Mathias Jan Morin

ketua KPU Kabupaten Biak Numfor Mathias Jan Morin sebelumnya menyampaikan bahwa penetapan hasil pemilu 2019 ini sebelumnya akan digelar awal Juni 2019. Namun karena menunggu perkembangan sengketa yang masuk ke Mahkama Konstitusi, maka penetapannya diundur dan baru digelar hari ini.

“Seharusnya sejak awal Juni 2019 sudah digelar rapat pleno ini tapi terkendala proses sengketa di MK secara keseluruhan baik di Kabupaten/kota ataupun Provinsi, sehingga baru hari ini dilakukan pleno setelah kami menerima surat dari MK pada tanggal 17 Juli 2019 yang isinya menjelaskan data-data Kabupaten/kota yang mengajukan gugatan ke MK dan ditindaklanjuti KPU RI untuk segera menggelar pleno bagi kabupaten kota yang tidak ada gugatan.” kata Morin

Ketua KPU Biak Numfor juga menjelaskan, tahapan Pemilu yang dilakukan KPU Biak Numfor masih satu lagi yaitu sampaikan hasil kepada Gubernur Papua melalui Bupati Biak Numfor untuk proses pengangkatan caleg terpilih sebagai anggota DPRD Periode 2019 – 2024 mendatang. Untuk itu melalui pimpinan parpol, caleg terpilih yang belum memberikan LHKPN, dapat mempersiapkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk diserahkan ke KPK.

“para caleg terpilih juga sudah menyampaikan kepada kami LHKPN kepada KPK. jadi selaku ketua KPU Biak Numfor menyatakan bahwa untuk DPRD kabupaten Biak, tidak ada masalah. kita tinggal urusan dokumennya ke Gubernur Papua melalui Bupati Biak Numfor untuk 25 caleg terpilih.”Jelas Morin

Berdasarkan metode perhitungan hasil pemilu untuk mengisi 25 anggota DPRD Kabupaten Biak Numfor yang terbagi menjadi 5 daerah pemilihan. Partai PDIP meraih 5 kursi yang merupakan perolehan kursi terbanyak.

Selanjutnya Partai Nasdem meraih 4 kursi, serta Partai Golkar 3 kursi, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, Partai Hanura dan Partai Garuda masing-masing meraih Dua Kursi. Dan terakhir, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai amanat nasional masing-masing meraih satu kursi.

Pada kesempatan ini juga ketua KPU Biak Numfor Mathias Jan Morin menyampaikan selamat kepada seluruh calon anggota DPRD terpilih sebanyak 25 orang. Dan juga menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung proses demokrasi Pemilu 2019 di Biak terutama pada Pemerintah Daerah, aparat keamanan serta komisioner KPU Biak Numfor periode 2014-2019 yang telah memfasilitasi Pemilu 2019 di tahun 2018.

KPU Biak Numfor sudah melaksanakan seluruh tugas dan kewajibannya dalam semua tahapan sampai dengan tahapan penetapan kursi dan Calon Legislatif terpilih. Mudah-mudahan seluruh proses demokrasi yang sudah dilaksanakan ini bisa memiliki dampak, manfaat untuk kepentingan warga masyarakat di Kabupaten Biak Numfor untuk mewujudkan visi misi Bupati periode 2019 – 2024 yakni mewujudkan Biak Numfor yang religius, berkarakter dan berbudaya sebagai sumbu pertumbuhan yang berdaya saing menuju kesejahteraan dan kemandirian.  (Viona)