BIAK (LINTAS PAPUA) – Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF – SKB) Kabupaten Biak Numfor mengadakan kegiatan Peningkatan Kompetensi melalui In House Training (IHT) perencanaan pembelajaran dan pengelolaan lembaga PAUD bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Kabupaten Biak Numfor.

Bekerja sama dengan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dikmas Provinsi Papua. Kamis, (25/07/2019)

Kepala BP Paud dan Dikmas Provinsi Papua Drs. Hadiana, M.M saat diwawancara. (Viona)

Drs. Hadiana, M.M selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Papua saat ditemui mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD sesuai dengan tugas pokok dari BP PAUD dan Dikmas Papua sehingga lembaga – lembaga PAUD dan lembaga formal lainnya dapat terakreditas.

“Kita setiap tahun mengadakan pemetaan mutu terutama dengan 8 standar pendidikan, mana yang masih rendah itu kita tingkatkan, yang sudah tinggi kita pertahankan. Setelah melakukan pemetaan, kita akan memberikan rekomendasi mana PAUD yang bisa akreditas atau yang belum. Kalau sudah terakreditas, kita rekomendasikan ke BAN Papua,” ujar Hadiiana.

Untuk SKB Biak, Hadiana berharap,  ke depannya SKB Biak dapat menjadi learning of center atau pusat pembelajaran masyarakat dan dapat membangun sebuah workshop untuk melatih anak – anak di Biak.

Sementara itu Kepala SKB Biak,  Margaretha Singgamui, S.Pd., mengatakan bahwa, Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) PAUD dan Dikmas melalui metode In House Training (IHT) yang merupakan kegiatan berdasarkan kebutuhan dari daerah itu sendiri. Namun sebelumnya, tim dari BP PAUD dan Dikmas Papua telab melakukan pemetaan kebutuhan yang ada di daerah masing – masing.

“Peserta kali ini 60 orang dari PAUD sekitar Biak. mereka ini akan dilatih bagaimana mereka menggunakan kurikulum 2013 khusus PAUD. itu untuk penerapannya di sekolah. Selama tiga hari kedepan mereka akan dilatih khusus bagaimana menggunakan K13 di PAUD,” Kata Kepala SKB Biak,  Margaretha Singgamui, S.Pd.

Margaretha berharap,  setelah dilatih nanti guru – guru ini akan pulang dan memanfaatkan kurikulum K – 13 dalam pembelajaran di PAUD masing-masing, karena selama ini sebagian besar PAUD belum menggunakan kurikulum K – 13 dalam program pembelajaran di PAUD masing-masing. (Viona / lintaspapua)