Sekda Papua Soroti Bermunculan Sejumlah LSM

0
639
Sekretaris Daerah (Sekda) Papua,  Hery Dosinaen, saat diwawancara. (Erwin / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen mengapresiasi “lahirnya”’ sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) pemantau korupsi maupun keterbukaan informasi publik, dengan tujuan memantau pelaksanaan pembangunan yang dijalankan pemerintah provinsi.

Kendati demikian, dirinya menggarisbawahi keberadaan LSM tertentu yang seolah-oleh memiliki kekuasaan untuk menekan pemerintah atau institusi tertentu dengan berdalih pada aturan perundang-undangan.

“Mohon maaf saya harus sampaikan ini bahwa saya tidak bermaksud menyinggung LSM tertentu, namun kemarin ada lembaga sadaya yang seolah-oleh punya power (kekuatan) luar biasa menekan pemerintah, tetapi tidak mengetahui rel mana yang harus dilalui”.

“Untuk itu, saya harap hal ini menjadi catatan bagi kita semua di pemerintahan bahwa memang baik dengan keterbukaan informasi berbagai LSM bermunculan. Namun jangan sampai membias tugas pokok dan fungsinya,” terang Hery, dalam satu kesempatan di Jayapura, pekan lalu.

Ia mengakui cukup banyak LSM profesional yang justru membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan proses pembangunan di Papua. LSM yang ada pun tak hanya dari dalam negeri, tetapi dari luar negeri dengan fokus membangun pada berbagai bidang, yakni pendidikan, kesehatan serta ekonomi rakyat.

Dia berharap LSM bisa terus memantau kinerja pemerintah. Namun, diharapkan agar  memberi dampak yang positif bagi masyarakat.

“Sebab yang terpenting LSM ini jangan sampai membias tanpa arah. Tetapi dengan keterbukaan informasi yang ada, bisa menunjang proses pembangunan diatas tanah ini,” harapnya.(win)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here