BIAK (LINTAS PAPUA) – BPJS Kesehatan Wilayah Papua dan Papua Barat mengadakan Sosialisasi Program JKN – KIS dan Pola Hidup Sehat kepada seluruh peserta JKN – KIS yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Sosialisasi ini juga menghadirkan Brand Ambassador BPJS Kesehatan Ade Rai. Bertempat di Gedung Wanita Biak, Kamis (18/07/2019)

Saat ditemui Media usai melakukan Sosialisasi, Ade Rai mengatakan bahwa Program JKN – KIS merupakan suatu itikad mulia dari negara buat memberikan biaya penggantian pengobatan.

“Tetapi idealnya memang yang sakit dan kuat harus membiayai yang sakit atau yang lemah. Kenapa kebutuhan untuk kita sehat biar bisa membantu sesama itu menjadi penting.” Kata Ade Rai

Ade Rai juga menjelaskan, bahwa yang menjadi tantangan adalah kebanyakan orang sakit itu murni karena ulah perilaku kita dan juga kecerdasan akan kesehatan kita yang rendah. Sehingga akhirnya kita hiidup dengan ketergantungan.

“Kalau kita hidup dengan ketergantungan yang terjadi adalah biaya pesakitan semakin tinggi akhirnya harus subsidi. Subsidi itu kan harusnya diperuntukkan untuk sesuatu yang membangun,”

“Misalnya untuk membangun gedung gereja, mesjid, sekolah, jembatan dan banyak hal. tetapi yang ada, akhirnya biaya negara khususnya Pemerintah Pusat harus mensubsidi ke acuhan masyarakatnya akan hidup sehat. Nah itu kan tidak baik.” Jelas Ade Rai

Ade Rai juga menambahkan, dengan promosi hidup sehat, kita mengajak masyarakat untuk paham dan punya senjata sehingga nanti kepatuhan akan sehat itu akan mengikuti, sama hal nya dengan kepatuhan kita akan kesehatan.

“Jaga kesehatan aja, dengan jaga kesehatan maka kita akan bermanfaat bagi banyak orang. kalau seandainya nanti harus jadi proteksi bagi kita di kemudian hari bisa jadi kita yang sakit, kita yang sakit juga akan dibantu sama orang-orang yang masih sehat.” tambah Ade Rai

Sementara itu,  Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat BPJS Kesehatan,  C. Falah Rakhmatiana mengatakan, bahwaa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajak seluruh peserta JKN-KIS melakukan germas perilaku hidup sehat untuk menjaga dirinya dan orang lain juga.

“dengan Brand Ambassador BPJS Kesehatan, Ade Rai menyampaikan beberapa hal bagaimana kita berolahraga secara ringan dimulai dari diri sendiri bisa dirumah, di kantor, dimanapun untuk menjaga diri kita supaya sehat. sehat itu adalah karunia Tuhan yang harus di syukuri agar kita bisa membantu orang lain.” Ujar Falah.

Falah juga menambahkan Program JKN-KIS ini diharapkan bisa didukung dengan cara peserta meningkatkan derajat kesehatannya karena dengan begitu Premi atau Iuran JKN-KIS yang terkumpul bisa betul – betul dialokasikan bagi peserta yang betul – betul sakit, sehingga konsep gotong – royong nya, saling tolong-menolong itu tercipta.

“Kami membawa Brand Ambassador Ade Rai, supaya masyarakat tahu dan mau berperilaku hidup sehat. Ade Rai sebagai praktisi yang lama di bidang kesehatan sudah memberikan contoh.,” katanya.

“Mudah – mudahan bisa diikuti oleh seluruh peserta dan dilaksanakan secara konsisten, bukan hanya hari ini saja pada saat ada Ade Rai tapi besok lusa juga tetap dilakukan gerakan untuk menjaga hidup kita supaya tetap bugar,” pungkasnya.  (Viona)