BIAK (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka menyambut HUT BPJS Kesehatan pada tanggal 15 juli, BPJS Kesehatan sosialisasi Program JKN – KIS BPJS Kesehatan bagi peserta penerima bantuan Iuran (PBI) di Kampung Opiaref Distrik Oridek, Kamis (11/07/2019)


Deputi direksi wilayah Papua dan Papua Barat C. Falah Rakhmatiana saat ditemui media usai sosialisasi mengatakan, Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh kedeputian wilayah untuk menyambut HUT BPJS Kesehatan pada tanggal 15 Juli. Selain itu juga sosialisasi ini dilakukan untuk menigkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memiliki kartu JKN – KiS.

“ini adalah kegiatan pelaksanaan BPJS Kesehatan turun kampung. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlunya punya kartu JKN – KIS, kemudian meningkatkan pengetahuan peserta terhadap prosedur, hak dan kewajiban yang harus dilakukan untuk mendapatkan manfaat serta meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya perilaku hidup sehat. kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Kedeputian dan untuk wilayah Papua dan Papua Barat diwakili oleh KC BPJS Kesehatan Biak.” Ujar C. Falah Rakhmatiana

Falah juga menambahkan, dalam sosialisasi ini turut juga menghadirkan pihak dari Puskesmas dengan tujuan untuk meningkatkan dukungan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam memberikan pelayanan sehingga masyarakat tidak disulitkan dan kartu JKN – KIS dapat bermanfaat dan mudah untuk digunakan.

Di lain pihak, Kepala Distrik Oridek Agustina Sarah Bonggoibo memberikan apresiasi terhadap BPJS Kesehatan Cabang Biak yang telah melakukan sosialisasi program JKN-KIS BPJS Kesehatan dengan mengikutsertakan masyarakat yang ada di Distrik Oridek.

“Saya berharap kegiatan sosialisasi yang dilakukan hari ini tidak berhenti sampai di sini tetapi ada tindak lanjut ke depannya sehingga semua masyarakat yang ada di 14 Kampung di Distrik Oridek bisa memahami dan mengerti betapa pentingnya memiliki kartu JKN -KIS.” Harap Agustina

Sementara itu, Mama Nelly Wandosa warga kampung Opiaref yang juga menghadiri sosialisasi ini mengatakan, sebagai peserta JKN – KIS dirinya merasa sangat senang karena tidak mendapatkan kesulitan, baik dalam pelayanan di Puskesmas sampai tindakan pelayanan di Rumah Sakit.

“Kami rasa bahwa kartu JKN-KIS sangat berguna bagi kami. Jadi prinsipnya dengan gotong royong semua tertolong itu sangat bermanfaat dan terbukti bagi kami sekeluarga. kami tidak mengeluarkan biaya apapun karena kami pakai kartu JKN – KIS.” Tutur Mama Nelly

Sosialisasi ini juga dihadiri langsung oleh Deputi direksi wilayah Papua dan Papua Barat C. Falah Rakhmatiana dan Aktuaris BPJS Kesehatan Kantor Pusat Ocke Kurniadi, Kepala Distrik Oridek Agustina Sarah Bonggoibo, kepala kampung Opiaref, Masyarakat Kampung Opiaref dan sekitarnya serta diikuti juga oleh komunitas sepeda Biak Gowes Community (BGC). (vio)