JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Terpaan buruk kian melanda tim Persipura  Jayapura sejak berlansungnya Liga 1 2019, mulai pekan pertama hingga pekan kedelapan,  tanpa meraih kemenangan bagi tim asal Tanah Papua, Mutiara Hitam, Persipura Jayapura itu.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, saat bersama patra pemain Persipura dalam sebuah latihan di Lapangan Mandala Kota Jayapura. (Richard Mayor)

Ada satu kekuatan yang hilang dalam diri skuad tim Persipura Jayapura yakni, kekuatan spiritualiatas, sebab spiritualitas menjadi penting bagi skuad tim Persipura Jayapura.

Hal itu dikatakan, Pemerhati Persipura Jayapura, Theo Ayorbaba,  yang peduli terhadap tim kebanggaannya atas terpaan cobaan di Kompetisi Shopee Liga 1 2019 ini.

Theo Ayorbaba, mengatakan selama tim Persipura mengalami keterpurukan. Tak pernah orang mempublis tentang sisi lain dari Persipura. Namun mereka lebih suka mempublish tentang keterpurukan Persipura lewat sosial media yang mereka miliki. Tapi mereka tidak melihat persoalan substansi apa yang hilang di Persipura.

Kedatangan Jacksen Tiago ke Jayapura disambut ribuan suporter hingga tiba di lapangan mandala. (ISTIMEWA)

“Tak ada cara lain, selain dukungan dan kekuatan doa dari masyarakat, juga manajemen Persipura yang memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Coach Jacksen F. Tiago, guna menjalankan tugasnya dalam mengangkat psikologis pemain  lewat spiritualitas mereka untuk melewati tantangan di putaran pertama Liga 1 2019 ini. Sebab lewat spiritualitas dan terbangunnya psikologis dari setiap pemain Persipura, mereka mampu keluar dari keterpurukan ini,”  ujar Theo Ayorbaba, dengan nada yakin, di Jayapura, Kamis (13/7/2019).

Diakui, bahwa sosok Jacksen F Tiago, sebut Theo Jacksen adalah sosok pelatih yang berbeda dengan pelaitih lain di Indonesia, mengapa?. Jacksen sangat memahami karakter pemain Persipura.

Sembari mengingatkan, Theo pun menuturkan kondisi dari tim Persipura hari ini, dan kehadiran Jacksen sebagai pelatih baru Persipura.

 

Manajeman jangan mematok hal yang lebih ketat untuk  Jacksen, dalam artian meminta Persipura harus juara. Tapi paling tidak membawa Persipura kembali kepada peformar yang sebenarnya.

Tentunya menjadi tim yang ditakuti di Negara ini, dengan memberikan sebuah garansi terhadap  Negara bahwa, memang persepakbolaan yang baik dan handal itu. Hanya dilahirkan dan diproduksi lewat  tim-tim dari Papua.

“Salah satunya yang bisa bertahan di kanca sepakbola Nasional adalah Persipura Jayapura,” tuturnya menutup pembicaraan.   (Richard Mayor)