Garuda Indonesia Pakai Bus Listrik Karya Anak Bangsa

0
169
Pesawat Garuda. VFoto: Leonardo Kosasih/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com )

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  –  Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk hari ini, Kamis (4/7/2019) resmi memperkenalkan fasilitas bus listrik kepada publik. Bus listrik yang dipergunakan Garuda ini adalah hasil produksi dalam negeri buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

Bus listrik yang digunakan Garuda ini untuk mendukung mobilitas operasional karyawan. Dengan pengoperasian fasilitas mobil listrik tersebut, Garuda Indonesia adalah BUMN pertama di Indonesia yang menggunakan fasilitas mobil listrik produksi dalam negeri tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara menjelaskan bahwa hadirnya fasilitas mobil listrik produksi dalam negeri ini merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung daya saing produk unggulan dalam negeri.

“Selain itu, hal ini juga menjadi komitmen Garuda Indonesia untuk menjaga lingkungan melalui pengoperasian kendaraan yang bebas emisi,” kata Ari dalam siaran persnya, Kamis (4/7/2019).

Sebagai permulaan, fasilitas bus listrik tersebut akan menunjang mobilitas operasional karyawan Garuda Indonesia Group di lingkungan kerja areal Bandara Internasional Soekarno Hatta. Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan sebanyak 1 unit bus listrik berkapasitas 60 penumpang.

Ke depan, Garuda Indonesia akan memperkuat kolaborasi dengan PT Mobil Anak Bangsa. Melalui kedua anak usahanya, Aerotrans dan Gapura Angkasa, Garuda akan menggunakan bus listrik tersebut sebagai bagian dari layanan usaha jasa transportasi angkutan darat maupun penunjang layanan operasional penerbangan yang dikelola Garuda Indonesia Group.

“Upaya Garuda Indonesia dalam mendukung produk anak bangsa tersebut juga menjadi bagian dari upaya berkelanjutan Garuda Indonesia dalam mengembangkan komitmen layanan operasional berwawasan lingkungan dengan menggunakan fasilitas penunjang operasional yang ramah lingkungan,” kata Ari.

Bus listrik menjadi solusi yang penting untuk mengurangi polusi yang saat ini kondisinya memprihatinkan khususnya di daerah Jabodatabek. Hanya dengan pengisian baterai selama 3 jam, bus listrik tersebut mampu menempuh jarak sejauh lebih kurang 300 kilometer. Keberadaan bus listrik ini juga diharapkan mampu menekan biaya bahan bakar yang dikeluarkan untuk mobil operasional Perusahaan.

PT Mobil Anak Bangsa adalah perusahaan otomotif dalam negeri yang fokus pada pengembangan bus listrik. Perusahaan ini diprakarsai oleh Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang juga saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

“Untuk model yang ini merupakan protipe ketiga dan sudah final. Model kali ini yang kami masukan uji tipe di Kemenhub dan Kemenperin. Sudah lulus, dan siap untuk kami produksi massal,” ucap Moeldoko dalam seremoni penandatanganan Service Procurement Agreement di Sahid Sudirman Center, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).

Moeldoko belum menyebutkan jumlah permintaan yang muncul saat ini. Tapi Moeldoko mengatakan pihaknya sudah memiliki banyak permintaan dari perusahaan swasta atau BUMN, baik yang ada di Jakarta atau kota-kota besar lainnya.

Untuk tahap awal, konsetrasi produksi MAB akan dikonsentrasikan lebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan pasar di Jabodetabek. “Kota besar lainnya sudah ada. Kami sudah mulai pendekatan juga. Tapi untuk saat ini memang kami fokus ke Jakarta karena kebutuhan unitnya juga cukup besar,” kata Moeldoko.

Ketika ditanya soal target produksi, Presiden Direktur PT MAB Mayjen TNI (Purn) Leonard mengatakan untuk tahun ini diusahakan bisa mencapai 100 unit untuk memenuhi permintaan dari berbagai operator bus.

“Kami coba 100 unit untuk tahun ini. Kami sudah melakukan penandatanganan dengan berbagai macam operator seperti tadi dengan PPD, lalu ada dengan Pahala Kencana, dan sebagainya. Untuk beberapa di luar kota juga sudah ada, tapi memang belum ada kelanjutan,” ucap Leonard.

Penggunaan mobil listrik di Indonesia memang semakin berkembang. Sebelum Garuda Indonesia, PT Blue Bird Tbk juga sudah mulai menggunakan taksi listrik sebagai kendaraan untuk mengangkut penumpang. Bahkan Blue Bird telah menggelontorkan sekitar Rp 40 miliar untuk mengadakan taksi listrik (e-taxi).  (AHW)  (https://jokowidodo.app/post/detail/garuda-indonesia-pakai-bus-listrik-karya-anak-bangsa )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here