JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – BPJS Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya melakukan sosialisasi langsung kepada Warga dengan didampingi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (KB) serta Kepala Kampung.

Dalam meningkatkan pemahaman peserta JKN-KIS biasa diberikan melalui beberapa cara baik itu melalui media informasi seperti media cetak , media elektronik (TV dan radio) maupun media online lainnya.

 

Kali ini berbeda dengan masyarakat yang berada di Kampung Wandanggobak Distrik Irimuli Kabupaten Puncak Jaya dimana didaerah ini tidak ada jaringan internet dan Listrik.

 

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Puncak Jaya, Ahmad Dalim Jayamada,  dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sosialisasi tentunya menjadi salah satu solusi ampuh untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat di Kampung Wondanggobak  Distrik Irimuli Kabupaten Puncak Jaya terkait dengan Program JKN-KIS.

 

Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut, BPJS Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya terus memberikan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya jaminan kesehatan bagi diri dan keluarga. Baik itu kepada aparat pemerintah, para pekerja swasta serta masyarakat kampung baik yang sudah menjadi peserta Program JKN-KIS maupun yang belum menjadi peserta.

“Dalam sosialisasi ini tetap menggunakan 2 bahasa. Kami tidak berhenti memberikan edukasi kepada masyarakat agar memahami hak dan kewajibannya dalam mendapatkan pelayanan. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat yang hadir dapat memahami apa yang sudah disampaikan, sehingga bisa memberitahukan kepada kerabatnya yang tidak sempat ikut mendengarkan sosialisasi ini,” ujar Dalim.

 

Sementara itu,  Kepala Bidang Keluarga Berencana Kabupaten Puncak Jaya, Siti Hawa mengatakan,  bahwa ini kunjungan kedua  bersama BPJS kesehatan melakukan sosialisasi hanya berbeda kampung tetapi masih di Kabupaten Puncak Jaya.

“Tidak lain tujuan kami bersama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang BPJS Kesehatan, baik dari hak dan kewajiban, pendftaran, alur pelayanan, serta hal-hal lain nya yang belum banyak diketahui oleh masyarakat,” lanjutnya.

 

Sementara itu, Kepada Kampung Wandanggobak, Yonias Wonda  menyampaikan, terima kasih yang sebesar-besarnya dan sangat mengapresiasi kepada pemerintah bersama BPJS Kesehatan yang telah mau datang ke kampung guna memberikan pemahaman tentang penting nya KB dan juga BPJS Kesehatan.

“Kami sadari betapa penting nya informasi ini, sehingga antusias warga tidak surut untuk datang ke tempat ini. Walaupun kegiatan agak tertunda dikarenanakan sempat hujan pada pagi harinya, tetapi karena cuaca di daerah pegunungan seperti ini tidak bisa diprediksi dan sekarang sudah cerah lagi. Jadi warga bisa mengikuti kegiatan dengan lancar tanpa hambatan,” ucap Yonias Wonda sebagai Kepala Kampung Wandanggobak. (Fransisca / lintaspapua.com)