Dalam Berbagai Pekerjaan dan Kesibukan : Tetaplah Fokus, Jangan Goyah !

0
700

Bacaan : 1 Korintus 9:24-27

“Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.” 1 Korintus 9:26

Fokus ! Fokus ! Kata-kata ini seringkali diteriakkan oleh sang pelatih di pinggir lapangan ketika melihat atletnya sedang kehilangan konsentrasi saat bertanding. Jika seorang atlet bertanding dengan konsentrasi yang tinggi dan tetap fokus, tak mudah bagi lawan untuk mengalahkannya.

Sebaliknya, setinggi apa pun teknik yang diajarkan oleh pelatih, tapi jika si atlet tidak dapat berkonsentrasi atau tidak fokus dalam pertandingan, maka hasilnya pasti akan mengecewakan. Karena itu rasul Paulus berkata, “…aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya,” (ayat 26-27).

Fokus itu penting agar kita tidak keluar dari jalur. Berfokus berarti mata terarah pada tujuan atau sasaran. Perhatikan! Sinar matahari yang dipantulkan pada sebuah lensa pembesar dan kemudian diarahkan pada sebuah titik tertentu akan mampu membakar sampah atau jerami kering, bahkan dapat mengakibatkan suatu kebakaran yang sangat hebat.

Itulah gambaran dari kekuatan suatu fokus! Begitu pula dalam menjalani hidup kekristenan, kita harus fokus kepada sasaran yaitu mencapai kedewasaan iman, menjadi serupa dengan Kristus dan mengerjakan panggilan-Nya.

Inilah yang dilakukan rasul Paulus. “…aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.” (Filipi 3:13-14).

Supaya tidak lagi berfokus kepada perkara-perkara rohani, berbagai cara dilakukan oleh Iblis untuk mengganggu dan menggoda orang percaya dengan menawarkan segala hal yang menyilaukan mata dan menyenangkan daging: uang, kekayaan, jabatan, popularitas, perselingkuhan, obat-obatan terlarang, seks bebas dan masih banyak lagi. Siang dan malam Iblis terus berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya (baca 1 Petrus 5:8). Jika orang percaya sudah hilang konsentrasi dan tidak lagi fokus, maka Iblis akan dengan mudah untuk menjatuhkannya.

“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” (Matius 26:41)

(Dapatkan renungan dan ilustrasi kristen terlengkap serta update setiap hari. Download di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kristen.renunganilustrasi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here