JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kegiatan BPJS Kesehatan Mengajar di Kantor Cabang Jayapura ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama menjelaskan terkait dengan landasan hukum berdirinya BPJS Kesehatan dan selanjutnya materi mengenai Hidup Sehat Bersama BPJS Kesehatan melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Untuk sesi kedua dijelaskan materi tentang Hak dan Kewajiban FKTP dalam pemberian pelayanan.

“Semoga dari materi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat untuk peningkatan pengetahuan dan pemahaman baik untuk FKTP maupun peserta Prolanis. Saya juga berharap materi ini tidak hanya sampai disini namun selepas kegiatan ini peserta yang hadir dapat menyebarluaskannya baik ke sesama petugas di FKTP, peserta Prolanis yang tidak sempat hadir, agar kita bersama-sama paham betul tentang Program JKN-KIS,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah.

Berdasarkan pantauan Tim Jamkesnews, pelaksanaan kegiatan sangat menarik dan menjadi ajang dalam meningkatkan pemahaman lewat ujian online yang diberikan kepada peserta yang hadir. Seputaran pertanyaan yang diberikan lewat ujian online adalah yang sehari-hari mereka ketahui dan laksanakan. FKTP dan Peserta Prolanis sangat antusias mengikuti kegiatan tesebut, bahkan dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta saling berdiskusi dan berbagi pengalaman baik sebagai petugas kesehatan dri FKTP maupun dari peserta Prolanis.

Salah satu Dokter Praktek Perorangan (DPP) yang dijumpai, dr. Ade S. Cahyani mengucapkan terimakasih dan sangat senang sekali dengan diadakannya kegiatan ini, karena dapat menambah wawasan dan menambah pembelajaran lagi buat kami, khususnya sebagai FKTP dalam memberikan  pelayanan kepada peserta sehingga lebih banyak memahami tentang Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS kesehatan.

“Karena dari kegiatan ini ada ujian online, maka kami semua serius mengikuti materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan tentunya juga meningkatkan pelayanan kami di tempat praktek masing-masing baik itu di Puskesmas maupun di DPP,” tutur dr. Ade setelah mengikuti kegiatan BPJS Kesehatan Mengajar.

Diakhir kegiatan, Djamal menghimbau kepada semua yang hadir untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN dan dijelaskan manfaat yang ada pada fitur-fitur yang tersedia di menu.

“Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu sekali untuk bapak/ibu sekalian, jika ada keluhan silahkan laporkan melalui aplikasi ini pada menu pengaduan pasti akan kami tindaklanjuti karena keluhan yang disampaikan akan tercatat di kami,” Lanjutnya.

“Bahkan  ingin merubah FKTP, Pendaftaran Peserta Mandiri bahkan pendaftaran autodebit melalui aplikasi ini juga bisa dilakukan tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan, ketinggalan Kartu KIS tidak perlu kuwatir lagi karena di aplikasi ini dapat menampilkan Kartu KIS digital dan bisa mendapatkan pelayanan” jelasnya Djamal. (Fransisca / lintaspapua.com)