JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  BPJS Kesehatan Cabang Jayapura melakasanakan Utilisasi Review (UR) pada Dokter Praktek Perorangan di Kota Jayapura. UR ini diadakan untuk memantau kinerja Dokter Praktek Perorangan (DPP) di wilayah Kota Jayapura yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Jumat (21/06/2019).

 

“UR ini perlu dilakukan karena untuk memantau kinerja Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Dengan adanya UR akan sangat berdampak juga dengan peningkatan pelayanan yang akan diberikan kepada peserta JKN-KIS,” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jayapura. Yuni Kendek.

 

Yuni menyampaikan,  kenapa kami perlu dilakukan evaluasi? Karena dana ini adalah dana negara yang dimana kami harus menjalankannya sesuai dengan standar mutu pelayanan yang ada baik dari standar biaya maupun standar mutu yang ada di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan kami. Kamipun berharap dengan bertambahnya waktu maka ada perbaikan pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS.

 

“Kami harapkan perbaikan pelayanan bukan hanya dari sisi kepuasan peserta tapi juga kita lihat dari angka yang muncul dari indikator-indikator yang telah ditetapkan seperti yang diketahui bahwa UR ini kami laksanakan di seluruh Indonesia dan kalau di daerah lain bisa kami harapkan DPP yang di Kota Jayapura bisa berlomba-lomba untuk menampilkan kinerja terbaik dari masing-masing fasilitas kesehatan yang dijalankan oleh bapak ibu sekalian,” harapnya.

 

Yang dilakukan evaluasi pada pertemuan ini adalah tentang rate kunjungan yang berhubungan dengan berapa peserta yang melakukan kunjungan untuk memanfaatkan pelayanan di fasilitas kesehatan yang dijalankan. Tentunya kita akan melihat dan membandingkan dengan persentase dari jumlah peserta terdaftar, artinya dari rate kunjungan ini/angka kontak ini targetnya adalah 150/ mil dari peserta terdaftar.

 

Salah satu DPP yang hadir dalam evaluasi UR adalah dr. Yani Kumiati menyampaikan terimakasih atas feedback yang sudah disampaikan dan menjadi masukan buat kami DPP, mungkin dengan hasil capaian pelayanan kami yang masih kurang akan terus kami tingkatkan.

 

“Kami sebagai DPP yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan akan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal sesuai standar pelayanan kepada peserta. Tentunya kami juga akan mengevaluasi angka rujukan selama bulan pelayanan berjalan,” tutur dr. Yani. (Fransisca / lintaspapua.com)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here