Pemkab Jayapura Didorong Bangun Hutan Kota Untuk Raih Adipura. Tampak Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Noak Kapisa, saat berbicara. (Erwin / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua memberi dukungan penuh terhadap Pemerintah Kabupaten Jayapura, yang mulai tahun ini berkeinginan kuat meraih penghargaan Adipura.

Untuk mewujudkan hal itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Noak Kapisa menyarankan pemda setempat , membangun hutan kota di wilayah Kemiri, Sentani.

“Mengenai program Adipura kami mendukung. Namun perlu dibangun hutan kota di wilayah Kemiri, sebab nanti pemerintah provinsi dan pihak kementerian lingkungan hidup akan membantu menata mengembalikan kawasan (Kemiri) menjadi lebih baik. Dengan harapan program Adipura yang pak bupati canangkan bisa tercapai tahun depan,” terang ia di Jayapura, kemarin.

Menurut dia, bila areal 33,3 hektare di Kemiri difungsikan sebagai hutan kota, dipastikan bakal mempercantik serta mendatangkan wisatawan.

“Sebab memang lokasi di bawah kaki gunung cyclop ini lebih cocok dijadikan hutan kota. Kalau permukiman tak cocok karena berpotensi terimbas atau terdampak bencana”.

“Makanya, lokasi seperti Kemiri yang berada dibawah gunung cycloop lebih baik dikelola dan dihijaukan kembali,” terang ia.

Sebelumnya, Pemkab Jayapura 2019 menargetkan untuk meraih penghargaan Adipura. Hal itu disampaikan Mantan Sekda Kabupaten Jayapura, Yerry F. Dien.

Sementara untuk meraih pengharagaan di bidang lingkungan, pemerintah setempat menggandeng sejumlah organisasi, diantara Karang Taruna Kabupaten setempat.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan semua pihak untuk menyediakan taman terbuka hijau atau taman kota yang menjadi salah satu syarat untuk meraih penghargaan itu.

“Bahkan Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw juga sudah bersinergi dengan Otoritas Bandara, Angkasapura dan Kementerian Perhubungan Provinsi Papua. Dimana kepala daerah sejauh ini mendorong kajian pada sejumlah lokasi menjadi taman kota,”tutupnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here