Vonny Paulina Karma Apresiasi Pelayanan BPJS Kesehatan Biak Numfor dan Aplikasi Mobile JKN

0
124
Vonny Paulina Karma (35), peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Penerima (PPU Swasta) takjub dengan manfaat dari Mobile JKN. Saat melakukan kunjungan ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor. (Viona / lintaspapua.com)

BIAK (LINTAS PAPUA) – Pada era digital saat ini sudah tidak asing lagi bahwa gaya hidup masyarakat tidak terlepas dari smartphone. Hal ini terbukti jarang sekali kita melihat orang-orang hidup dan menjalani kesehariannya tanpa smartphone. Hampir semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi melalui gadget.

BPJS Kesehatan melihat hal tersebut untuk terus memanfaatkan peran teknologi dalam memudahkan peserta JKN-KIS. Salah satu inovasi teknologi yang telah diluncurkan BPJS Kesehatan sejak tahun 2017 adalah aplikasi Mobile JKN. Sasaran Mobile JKN adalah seluruh masyarakat yang mobilitasnya cukup tinggi.

Vonny Paulina Karma (35), peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Penerima (PPU Swasta) takjub dengan manfaat dari Mobile JKN. Saat melakukan kunjungan ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor untuk mengurus perubahan fasilitas kesehatan, karena dirinya baru saja pindah domisili dari Kota Jayapura ke Kota Biak sehingga perlu mengubah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), dirinya diperkenalkan dengan aplikasi Mobile JKN oleh petugas BPJS Kesehatan.

Vonny mengaku, sangat senang dan langsung mengunduh aplikasi tersebut.  “Saya senang dengan hadirnya inovasi terbaru ini, walaupun sederhana namun cukup membantu sekali. Banyak sekali kemudahan yang kita dapat untuk akses via aplikasi Mobile JKN ini hanya dengan meluangkan waktu tidak lebih dari 5 menit, saya bisa mengakses perubahan Kartu KIS,” tuturnya.

“Seperti saat tadi saya baru memindahkan fasilitas kesehatan saya dari Jayapura ke Biak, karena dengan adanya aplikasi Mobile JKN jadinya lebih mudah. Nanti saya promosikan kepada teman-teman kantor saya, agar teman-teman juga tahu kalau BPJS Kesehatan sekarang bisa diakses via aplikasi canggih,” kata Vonny saat dimintai komentarnya setelah mengunduh aplikasi Mobile JKN di Kantor BPJS Kesehatan Biak Numfor, Kamis (20/06/2019)

Lebih lanjut Vonny mengatakan setelah menginstal aplikiasi Mobile JKN, fasilitas yang didapat luar biasa karena pada aplikasi tersebut terdapat kartu digital atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) digital, jadi tidak perlu lagi bawa kartu karena sudah tersedia di aplikasi handphone miliknya dan juga bisa mengganti fasilitas kesehatan yang sebelumnya terdaftar di Kota Jayapura tanpa perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

Vonny berharap BPJS Kesehatan terus membuat inovasi-inovasi lain yang mempermudah peserta khususnya untuk peserta segmen PPU yang memang waktunya dihabiskan di kantor sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus kartu JKN-KIS.

“Sebagai orang yang sibuk dengan pekerjaan, saya sangat terbantu sekali dengan inovasi dari BPJS Kesehatan, saya berharap tidak hanya Aplikasi Mobile JKN saja, tetapi ada inovasi-inovasi lain yang diciptakan BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta,” tuturnya.

Pengembangan aplikasi Mobile JKN merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta JKN-KIS dapat mengakses beragam informasi seputar BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, di manapun dan kapanpun.

Pelayanan administrasi yang dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN di antaranya adalah pendaftaran peserta, perubahan data peserta, informasi tagihan, riwayat pelayanan peserta, skrining riwayat kesehatan, pengaduan keluhan, dan berbagai informasi lainnya tentang kartu JKN-KIS.

Aplikasi Mobile JKN dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore. Masyarakat lebih dimudahkan mendapatkan akses layanan melalui aplikasi ini, semua informasi ada dalam genggaman. (Viona / lintaspapua.com)