JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jayapura terus melakukan berbagai kegiatan untuk kelompok TNI dapat memahami Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satunya dengan melakukan sosialisasi Program JKN–KIS pada satuan kerja TNI di Korem 172 Kota Jayapura.

Tujuan diadakan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada anggota Korem 172 Kota Jayapura agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya terhadap prosedur, hak dan kewajiban serta peningkatan layanan yg di kembangkan oleh BPJS Kesehatan akan manfaat Jaminan Kesehatan

Dalam sosialisasi yang dihadiri puluhan satuan kerja anggota TNI dari Korem 172 Kota Jayapura, dijelaskan mengenai regulasi- regulasi terbaru dan informasi terbar yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Selain itu di Perpres ini juga ditegaskan kembali bahwa sebagai abdi negara, mereka wajib terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Semoga dengan sosialisasi ini, TNI bisa lebih memahami JKN-KIS dengan lebih baik, sehingga bisa lancar dalam memperoleh jaminan pelayanan kesehatan jika suatu hari dibutuhkan,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Freda Y Imbiri.

Dijelaskan terkait iuran Jaminan Kesehatan yang di potong dari anggota TNI, yaitu 2% dari gaji pokok di tambah dengan tunjangan keluarga lalu 3% nya disubsidi oleh Pemerintah dan disetorkan melalui kas negara untuk menjamin 5 jiwa yaitu peserta/istri dan tiga orang anak.

Freda menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan memiliki inovasi yang dapat mempermudah peserta JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN. Peserta tidak perlu lagi ke kantor untuk mengurus administrasi, karena didalam aplikasi Mobile JKN terdapat beberapa fitur penting dan bermanfaat, mulai dari pendaftaran peserta baru, perubahan data,penggantian FKTP, informasi seputar program JKN-KIS, Kartu Digital, pengaduan dan masih banyak fitur- fitur manfaat lainnya, dan aplikasi ini dapat di unduh melalui Play Store untuk android dan App Store untuk pengguna smartphone jenis IOS.

“Harapannya dengan adanya sosialisasi ini peserta yang hadir dapat memahami apa yang sudah disampaikan sehingga dapat diinformasikan kepada teman, kerabat serta keluarga akan manfaat Program JKN-KIS ini,” harap Freda.

Diakhir sosialisasi, kepala Staf KOREM 172 Letkol Akmil menyampaikan terima kasih atas sosialisasi dan informasi yang diselenggarakan BPJS Kesehatan di tempat kami khususnya kepada seluruh anggota KOREM 172.

“Sosialisasi ini sangat penting bagi kami, yang mana kami sebagai anggota TNI sejak tahun 2014 sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan perlu memperbaharui informasi yang terbaru terkait Program JKN-KIS. Kami juga akan menginformasikan apa yang sudah kami ketahui dari sosialisasi ini kepada rekan-rekan yang belum sempat hadir bahkan kepada keluarga dan sanak saudara,” tutur Akmil saat menutup sosialisasi Program JKN-KIS. (Fransisca / lintaspapua.com)