Wali Kota Benhur Tomi Mano : Kebersihan Kota Jayapura Adalah Tanggungjawab Bersama

0
112
“Kebersihan itu bukan tanggung jawab Pemerintah kota saja, kebersihan itu tanggung jawab semua orang yang tinggal di rumah port numbay, kota Jayapura,” ujar Wali Kota Benhur Tomi Mano,  usai memimpin apel gabungan dilingkungan Pemerintah Kota Jayapura, Senin 17 Juni 2019. (Humas Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM., tegaskan menjaga kota ini agar tetap bersih merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat yang tinggal di Kota Jayapura.

“Kebersihan itu bukan tanggung jawab Pemerintah kota saja, kebersihan itu tanggung jawab semua orang yang tinggal di rumah port numbay, kota Jayapura,” ujar Wali Kota Benhur Tomi Mano,  usai memimpin apel gabungan dilingkungan Pemerintah Kota Jayapura, Senin 17 Juni 2019.

Dari Ketinggian Pemancar Polimak Terlihat Pelabuhan Kota dan Keindahan Kota Port Numbay. (ISTIMEWA)

Lanjut Wali Kota, kebersihan itu identik dengan perilaku manusianya, jika rumahnya dan lingkungannya bersih dan tidak membuang sampah sembarangan, kemungkinan perilaku itu tidak akan dia lakukan di tempat lain.

“Kalau dirumahnya itu, dia tidak membuang sampah dihalaman rumahnya, pasti akan terbawah kalau dia akan melakukan rekreasi dipantai wisata di kota Jayapura, sperti pantai base G, Pantai Hamadi, Pantai Holtekam, juga ditanjung ciberi, dan jembatan merah, itu kembali kepada perilaku kesadaran budaya masyarakat kalau dia mau hidup bersih,”jelas Wali Kota Asli putra Port Numbay.

Kota Jayapura, tampak gedung DPR Papua dan sekitarnya di Pusat Kota paling timur Indonesia di Bumi Cenderawasih. (lintaspapua.com)

Wali kota mengaharapkan, warga kota Jayapura harus punyarasa memiliki terhadap honai sebagai tempat kita tinggal dan beraktifitas dengan menjaga kebersihan.

“Kalau dia merasa memiliki kota Jayapura sebagai rumah dia sebagai rumah tempat dia berusaha berkerja dia harus mempunyai rasa memiliki kota ini, dengan tidak membuang sampah jika berpergian dengan kendaraan roda empat dan roda dua, atau ke tempat-tempat rekreasi,”cetus Wali Kota.

“Ini kembali kepada perilaku pribadi budaya masyarakat, Jika kebersihan itu terpatri didalam dirinya dia pasti tidak bunag sampah sembarangan mengotori tempat-tempat wisata,”tambahnya.

Wali Kota mengajak warga kota Jayapura menjadikan budaya bersih dalam kehidupan sehari-hari dan menjaga perilaku kita untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga persolan sampah bisa di minimalisir di tempat-tempat wisata di kota Jayapura. (Humas Kota Jayapura)