Sukseskan PON XX 2020, PDAM Jayapura Mulai Melakukan Persediaan Air Bersih

0
66
Kepala PDAM Kota Jayapura Etis Sutisna saat diwawancarai. (Ardiles / lintaspapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Menjelang perhelatan pesta olaharga terbesar di Indonesia, Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2020 di Papua, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura mulai dari sekarang telah melakukan beberapa upaya untuk persiapan air bersih.

Persiapan dimulai dengan menyiapkan beberapa titik pengambilan air untuk mengantisipasi kurangnya pasokan air, seperti di depan PLTD Yarmokh, TMP waena, padang bulan, Kantor PDAM Entrop dan wilayah Jayapura utara serta melakukan pengoptimalisasian sistem penyediaan air minum di kota Jayapura, seperti Sistem Penyediaan Air Minum ( SPAM) di Kojabu.

“Titik pengambilan air ini untuk mensuplai ke mobil tangki yang di siapkan, agar supaya ketersediaan air bersih dapat di suplai secara menyeluruh ke area yang dapat terjangkau,” Kata Entis Sutisna selaku Dirut PDAM Jayapura, baru-baru ini di Jayapura.

Lebih lanjut dikatakan Entis, PDAM juga berupaya menyiapkan tujuh armada mobil tangki air dan melakukan rehabilitasi SPAM melalui kerja sama dengan Cipta Karya dan Balai Wilayah Sungai ( BWS).

Dijelaskannya PDAM telah bekerja sama dengan perhotelan dalam merelokasi pipa untuk distribusi air ke area yang lebih lancar. Dan pembangunan sumber air yang baru juga seperti memanfaatkan air danau sentani.

“Ini di lakukan untuk penambahan suplai distribusi air bersih ke daerah- deerah dan di hotel seperti hotel Swissbel, Sahid Papua, Hotel Aston, Horison dan beberapa hotel yang ada di kota Jayapura, ” ujarnya.

Selain itu untuk sambung Entis Venue PON seperti di Gor waringin dan Cendrawasih dan Venue lain untuk cabor (Cabang Olahraga) soft ball di jalan baru, jaringannya sudah ada tinggal bagaimana pihak yang bertanggung jawab atas pelaksanaan PON itu segera berkordinasi dengan PDAM.

“Jadi jalur pipanya sudah ada semua tinggal kapan di butuhkan akan langsung di siapkan oleh kami.Dan sementara sesuai intruksi Walikota bahwa PDAM melakukan pendataan terlebih dulu kemudian melakukan pelayanan yang lebih optimal lagi,” jelasnya.

Upaya lain yang di usulkan ke PDAM juga yakni menyediakan tempat untuk membangun sumber air siap minum di beberapa venue, untuk bisa di nikmati oleh peserta PON.

“Hal ini di lakukan guna mengurangi sampah plastik sesuai intruksi Walikota, dan rencana kami akan realisasi di GOR Waringin dulu kemudian di venue lain akan menyusul jika, ada jaringan pipa PDAM yang lancar dan bisa mensuplai ke daerah tersebut,” jelasnya.

Dikatakan sesuai laporan dari pihak Pelni kemungkinan dalam pelaksanaan PON nanti akan ada kunjungan kapal pesiar dari luar Papua yang singgah ke palabuhan Jayapura, Oleh sebab itu pemerintah akan menyediakan hotel terapung dan tentu akan bekerja sama dengan PDAM untuk penyedian air bersih.

“Kami akan melakukan pembenahan jaringan-jaringan pipa yang ada di area pelabuhan untuk mensuplai air bersih ke hotel terapung jika hotelnya sudah terealisasi, ” katanya.

Ditambahkan, PDAM tentu sangat berterima kasih kepada Pemerintah kota Jayapura, yanga mana telah pembangunan ifrastruktur di wilayah kota khusus untuk air minum baik dari dana penyertaan modal juga dari PU kota Jayapura itu sangat mendukung dalam penataan jaringan air bersih di kota Jayapura dan sekitarnya.  (Gracio/lintaspapua.com)