Wali Kota Benhur Tomi Mano dan Wakil Rustan Saru Ajak Warga Taat Bayar Pajak

0
603
WALI KOTA JAYAPURA USAI MEMBAYAR PAJAK BUMI BANGUNAN DIDAMPINGI KEPALA BAPENDA KOTA JAYAPURA, SELASA 18 JUNI 2019. (Humas Kota Jayapura)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura mengajak seluruh pimpinan OPD, ASN dan warga kota Jayapura untuk taat membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB).

“Ini menjadi contoh kepada seluruh ASN dan warga kota Jayapura untuk taat bayar pajak,”kata Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., usai melakukan pembayaran Pajak Bumi Bangunan di mainhall kantor Walikota, Selasa 18 Juni 2019.

WAKIL WALI KOTA SAAT AKAN MELAKUKAN PEMBAYARAN PBB DI LOKET PELAYANAN BAPENDA DI MAINHALL KANTOR WALI KOTA JAYAPURA, SELASA 18 JUNI 2019. (Humas Kota Jayapura)

Dikatakan, dengan membayar pajak kita ikut berpartisipasi membangun kota Jayapura agar bisa maju dan berkembang.

“Dengan pajak ini, kita membangun jalan, membangun rumah sakit, sekolah, itu semua dari kontribusi pembayaran pajak,”jelas Wali Kota.

Untuk loket pelayanan dibuka disejumlah pusat perkantoran yakni Kantor Utama gedung dan gedung otonom kantor wali kota jayapura, dan Kantor Gubernur Otonom Kotaraja dan Kantor Gubernur Dok 2 Jayapura.

Hingga saat ini, partisipasi warga untuk taat bayar pajak cukup tinggi dengan surplus dari penerimaan pajak jumlah WP yang kita siapkan dan itu melebihi target. Dan kita terus melakukan sosialisasi terutama kepada masyarakat asli kepada ondoafi dan kepala suku.

“Dulunya mereka menolak, tapi sekarang mereka sudah sadar untuk membayar pajak, setelah kita menjelaskan dengan baik sekarang mereka sadar untuk membayar pajak,”jelas orang nomor satu kota jayapura.

Lanjut Wali Kota menegaskan, bagi wajib pajak yang tidak taat membayar pajak, petugas resmi dari bapenda mendatangi dari rumah kerumah  untuk melihat langsung kewajiban wajib pajak.

“Kita terus melakukan penyisiran ada tim dispenda yang turun dari rumah kerumah untuk menagih pajak, pajak ini adalah kewajiban dan wajib tidak bisa lari kalau dia lewat maka dia denda, Orang yang beriman dia taat bayar pajak,”tegas Wali Kota.

Dijelaskan untuk Wajib Pajak (WP) ditahun 2019 sebanyak 50325 wajib pajak dengan jumlah target 31 Milyar.

“Saya mohon dukungan karena dengan pajak ini kita bisa membangunan sarana umum untuk kepentingan masyarakat kota jayapura,”harap Wali Kota.

Sementara itu,  Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H Rustan Saru, MM., mengatakan hari ini Bapenda Kota Jayapura melakukan sosialisasi sekaligus melakukan penagihan kepada wajib Pajak Bumi dan Bangunan bagi ASN Pemeritah Kota Jayapura.

“Semua Aparatur Sipil Negara yang ada disini, pasti punya rumah, punya tempat tinggal maka mereka di himbau agar dapat berhubungan dengan Bapenda Kota Jayapura, dalam rangka menyelesaikan tunggakan atau menyelesaikan Pajak bumi dan bangunan yang belum terselesaikan,”cetus orang nomor dua kota Jayapura.

Kesempatan itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Jayapura, melakukan pembayaran Pajak Bumi dan bangunan. (Humas Kota Jayapura)

_________________________________________________________________

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here