JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen mengakui animo masyarakat pencari kerja (pencaker) untuk melamar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih sangat tinggi.

Hal itu dibuktikan dengan jumlah pelamar yang lolos administrasi tingkat provinsi yang mencapai 2.896 orang. Angka itu belum ditambah jumlah pelamar ditingkat kabupaten dan kota yang ditengarai masing-masing mencapai ribuan.

“Sehingga kalau ditotal bisa mencapai belasan bahkan puluhan ribu pelamar. Itu belum juga dihitung dengan calon pelamar yang tak lolos seleksi administrasi,” terang Hery di Jayapura, baru-baru ini.

Menurut ia, imbauan pemerintah kepada para pencaker untuk melirik sektor swasta dengan membuka lapangan kerja bagi dirinya sendiri, belum dijalankan dengan baik. Oleh karenanya, ia bakal mencari tahu kendala yang dihadapi para pencaker, sehingga diharapkan seruan itu bisa dijalankan.

“Sebab jangan-jangan mereka terkendala modal, kan ada pihak perbankan yang membantu. Kemudian kalau terkendala ketrampilan ada balai latihan kerja yang setiap tahun meluluskan para pencaker dengan sejumlah skill yang bisa dipelajari”.

“Intinya kita bakal berupaya mendorong supaya kedepan para pencaker di Papua bisa melirik sektor swasta bukan hanya berharap menjadi PNS,” ucapnya.

Menurut dia, dalam tahun ini pula Pemerintah Pusat dipastikan kembali membuka perekrutan CPNS 2019. Dimana formasi yang dibutuhkan mencapai belasan ribu, sehingga warga Papua pun berkesempatan menjadi abdi negara.

Kendati demikian, dia berharap pencaker lebih memilih sektor swasta. Sebab dengan tumbuhnya sektor swasta di Papua, bakal meningkatkan perekonomian daerah di seluruh tanah ini. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)