<
Lintaspapua.com

Pelatihan Komputer Muara Tami, Pemberdayaan Ekonomi Jadi Fokus Wali Kota Benhur Tomi Mano

LINTAS PAPUA - Senin, 17 Juni 2019 - 12:37 WITA
Pelatihan Komputer Muara Tami,  Pemberdayaan Ekonomi Jadi Fokus Wali Kota Benhur Tomi Mano
Wali Kota Jayapura, Dr.  Benhur Tomi Mano, MM melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Jayapura, membuka pelatihan komputer bagi 15 peserta yang difasilitasi oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prima Mandiri di Distrik Muara Tami. (Humas Kota Jayapura) ()
Penulis
|
Editor

JAYAPURA  (LINTAS  PAPUA)  –  Wali Kota Jayapura, Dr.  Benhur Tomi Mano, MM melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Jayapura, membuka pelatihan komputer bagi 15 peserta yang difasilitasi oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prima Mandiri di Distrik Muara Tami.

WALI KOTA JAYAPURA DR BENHUR TOMI MANO, MM MEMBUKA PELATIHAN KOMPUTER DI DISTRIK MUARA TAMI. (Humas Kota Jayapura)

“Fokus kita di Muara Tami adalah pertahanan dan keamanan, infrastruktur di daerah perbatasan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan tidak hanya terpusat di distrik Abepura dan Heram tapi juga di distrik Muara Tami,” katanya membuka pelatihan komputer.

Pelatihan komputer menurut Wali Kota menjadi bekal masyarakat dalam mencari kerja. Kemudian membuka peluang kerja semakin besar, serta dapat diberdayakan di pemerintah kampung setempat.

“Sistem keuangan kampung / desa (Siskeudes) bisa melibatkan peserta pelatihan dalam menangani administrasi kampung dan pertanggung jawaban dana desa,” katanya.

Metode pelatihan adalah teori dan praktek. Materi antara lain Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point dan internet Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Pengajar bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prima Mandiri yang merupakan binaan Disnaker. Instruktur memberdayakan OAP Port Numbay, yang merupakan hasil pelatihan komputer atau IT tahun 2018 lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Jayapura, Djoni Naa, SE, M.Si.,  mengatakan pelatihan komputer bertujuan meningkatkan kualitas dan produktivitas pencaker yang berdaya saing.

“Pelatihan juga bertujuan meningkatkan ethos kerja pencaker dan meningkatkan kompetensi kerja yang diharapkan terserap di lapangan kerja dan bahkan menciptakan lapangan kerja baru,” katanya.

Pelatihan komputer yang dilaksanakan sejak 22 Mei sampai 27 Juni 2019. Berlangsung selama 25 hari. Peserta dibagi dalam dua grup, untuk distrik Muara Tami pada orientasi melibatkan 15 orang. Kemudian, distrik Jayapura Selatan, Jayapura Utara, Abepura dan Heram melibatkan 25 orang.
Selain itu, Disnaker juga akan mengadakan pelatihan di sektor pariwisata dalam menyambut PON XX tahun 2020 yang melibatkan 45 peserta, yang dilangsungkan di lima distrik. (Humas Kota Jayapura)

 

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123