Yoku, Pulanda, Manuri, Tata serta Wakerkwa Wakili Papua Perkuat Timnas Pelajar U-15 Kemenpora di IBER Cup di Portugal

0
274
Bersama anak - anak Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura yang lolos ke Timnas U 15 usai latihan pagi di Lapangan Sepakbola Pusat Pendidikan Jasmani TNI AD di Cimahi Bandung Jabar, Senin 10/6/19 bersama Coach Aples Tecuari. Timnas U 15 akan berangkat ke Portugal pada tgl 25 Juni untuk mengikuti pertandingan IBER CUP tgl 1 spi 6 Juli 2019. Momentum berharga ini semoga dpt menjadi batu loncatan bagi pengembangan sepakbola Papua menuju Industri Olahraga. (Foto Facebook Yaan Yokuu)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Lima orang anak asal  Papua dipastikan akan memperkuat Tim Nasional (Timnas) Pelajar U-15 untuk berlaga dalam kejuaraan IBER Cup 2019 yang akan berlangsung di Estoril, Portugal pada awal Juli 2019 mendatang.

Kelima anak tersebut yakni Donny Yoku, Roris Rhoben Pulanda, Adriano Manuri, Mikael Tata dan Desman Wakerkwa.  Kelima anak dari Papua  (ISTIMEWA)

Kelima anak tersebut yakni Donny Yoku, Roris Rhoben Pulanda, Adriano Manuri, Mikael Tata dan Desman Wakerkwa.

Kepala Bidang Keolahragaan pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura,  Greg Virgilius Yoku,  saat ditemui wartawan di pelataran Kantor Dispora, Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Selasa (11/6/2019) kemarin mengatakan, bahwa ini adalah hasil penjaringan atau seleksi dari Piala Kemenpora U-14.

“Tetapi mereka ini dibawa untuk memperkuat Timnas usia 15 tahun untuk kategori pelajar,” ucapnya.

Dia juga menuturkan, kelima pemain muda ini sudah dipersiapkan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang bekerjasama dengan Kemenpora RI.

“Jadi, memang mereka sudah disiapkan oleh PSSI yang bekerjasama dengan Kemenpora agar ada tim pelajar kita yang bisa berkompetisi di benua Eropa. Mereka ini dalam waktu sekitar satu bulan akan mengikuti kegiatan di Portugal. Ini sebenarnya agenda PSSI juga untuk mencari bibit-bibit muda sepak bola,” tuturnya.

Ia menambahkan, agenda ini sudah dijalankan secara nasional dan dari penjaringan itu ada lima pemain muda Kabupaten Jayapura yang mendapatkan kesempatan dan kepercayaan untuk memperkuat Timnas U-15.

“Sebenarnya ada 6 orang, tapi yang satu ini dari Kota Jayapura. Di Portugal ini sudah ada game yang mereka ikuti dan kegiatan pertandingannya itu sekitar sebulan. Tetapi, bagi kita atau Tim Nasional itu sebagai ajang untuk latihan. Anak-anak ini selain di Portugal nanti waktu balik mereka akan ikuti juga kegiatan pertandingan Liga Pelajar yang akan diikuti oleh seluruh negara-negara Asean,” tukasnya.

“Mereka sudah berangkat, tapi mungkin nanti mereka akan berada di Jakarta dalam waktu beberapa hari untuk mengikuti bimbingan sedikit dari PSSI dan Kemenpora. Setelah itu baru mereka akan pergi ke Portugal,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kejuaraan IBER Cup yang berlangsung di Estoril, Portugal ini mulai tanggal 1-6 Juli mendatang. Sebanyak 22 pemain yang sudah lolos seleksi dipilih untuk turun dan bertempur melawan kontestan negara lain di kejuaraan sepak bola internasional itu.

IBER Cup ini merupakan World Cupnya U-15 dan para pesertanya dari akademi klub-klub sepak bola profesional di Eropa seperti Real Madrid yang dilatih oleh Raul Gonzalez. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)