Dukung Program Pemkab Jayapura, LMR-RI Kembali Lakukan Karya Nyata Bersihkan Pasar Pharaa

0
628
Nampak sejumlah Anggota LMR-RI Papua saat menggelar karya nyata membersihkan Pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (13/6/2019) kemarin pagi. (Irfan / HPP)

Komandan Imam : LMR-RI Papua Terus Berupaya Ciptakan Lingkungan Tanpa Sampah

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia (LMR-RI) Komando Wilayah Provinsi Papua kembali menggelar kegiatan karya nyata membersihkan Pasar Pharaa Sentani, Kamis (13/6/2019) kemarin pagi.

Pembersihan pasar yang dilakukan ini sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah daerah Kabupaten Jayapura.

Komandan LMR-RI Komwil Provinsi Papua mengungkapkan, bahwa kegiatan karya nyata yang dilakukan pihaknya ini karena ingin menciptakan Kota Sentani yang bersih dalam menyambut iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2010 mendatang di Papua itu tanpa sampah. Minimal tumpukan atau sampah yang berserakan di sepanjang jalan protokol Kota Sentani terutama di pasar itu dapat berkurang.

“Ini juga sebagai bentuk dukungan kami kepada program pemerintah daerah Kabupaten Jayapura, yang mana kita fokus ke Pasar Pharaa Sentani. Apalagi pasca libur panjang ini semua aktifitas di Kota Sentani sudah mulai berjalan, apalagi pasar adalah pusat perekonomian di Kabupaten Jayapura,” terang Komandan Imam disela-sela kegiatan karya nyata bersama puluhan anggotanya saat membersihkan Pasar Pharaa Sentani dari sampah yang berserakan di setiap sudut pasar.

Lanjut Komandan Imam menerangkan, mengatasi persoalan sampah tidak akan pernah ada habisnya, termasuk semua orang dengan mudah bicara soal sampah. Namun hanya sebahagian kecil saja yang peduli untuk secara sadar ikut membersihkan sampah.

“Sesuai dengan visi misi bapak gubernur, bupati bahwa ada momen besar di depan mata yaitu PON XX kita perlu siapkan diri, salah satunya adalah ciptakan kebersihan kota, disini kami ambil bagian dan kami juga sebagai satgas relawan PON dari Papua memberikan bukti nyata,”ungkapnya.

Selain membersihkan sampah hasil jualan, Imam beserta anggota sempatkan diri beri berikan penyuluhan ke pada pedagang yang berjualan untuk secara sadar buang sampah hasil sisa makanan ke tempatnya, secara berkelanjutan kedepan pihaknya akan menempatkan 3 petugas dari LMR Papua di setiap Los pasar.

“Saya juga sudah koordinasi dengan kadis perindag, nanti mereka akan bekerja bersihkan sampah, dari pagi mereka sudah jalan, sehingga lokasi tempat mereka berjualan akan selalu bersih apalagi pak bupati sedang canangkan adipura dan tahun 2020 adipura bisa diwujudkan,” tutur imam.

Imam menambahkah, untuk memperoleh adipura perlu adanya konsekuen dari semua pihak, baik OPD di lingkup pemda jayapura,LSM, dan organisasi lainnya. Untuk menerjunkan seluruh anggotanya membantu pemerintah ciptakan lingkungan bersih.

“Jangan hanya satu orang saja yang terjun, kebanyakan seperti itu padahal pada susunan organisasi banyak orang hebat di dalamnya, makanya saya sarankan ke pada bapak bupati pakailah orang-orang yang mau turun ke got,”pungkasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here