KEEROM (LINTAS PAPUA) –  Ketua Panitia Seleksi CPNS Tingkat Kabupaten Keerom yang juga Asisten II setda, Adrianus Samonsabra, menyampaikan bahwa sesuai jadwal yang ada maka pihaknya telah melakukan pengumuman hasil seleksi dan verifikasi administrasi terhadap sebanyak 3.185 akun pendaftar sistem online.

‘’Sesuai jadwal mulai 10 Juni pengumuman pemberkasan, dan tanggal 11-17 Juni adalah pencetakan nomor, hasil pemberkasan administrasi bisa lihat diakun yang mereka gunakan mendaftar, sehingga mereka tahu apakah lulus atau tidak,’’ungkapnya kepada media ini kemarin.

Ia menjelaskan dari pendaftaran system online, para pendaftar memiliki akun yang digunakan untuk mendaftar sehingga hingga penutupan telah terdaftar sebanyak 3.185 akun pendaftar.

‘’Setelah verifikasi ternyata akun yang double, sehingga saat ini yang tersisa sebaanyak 3.176 akun pendaftar atau 3.176 orang. Jumlah mereka itu sudah kita nyatakan lolos administrasi,’’lanjutnya.

Untuk jadwal selanjutnya, maka calon pendaftar akan menerima nomor atau cetak nomor peserta tes CPNS. Yang dijadwalkan akan berlangsung hingga tanggal 17 mendatang.

Pada kesempatan itu ia juga memastikan bahwa untuk penerimaan CPNS tidak benar ada anggapan adanya system calonm titipan atau hal lainnya yang serupa. Karena dengan system online maka semua bisa memantau secara langsung bagaimana proses perekrutan atau penerimaan dilakukan secara terbuka.

‘’Untuk penerimaan CPNS kali ini semuanya menggunakan sistem online mulai dari pendaftaran, berarti terbuka. Selanjutnya seleksi aatau verifikasi administrasi juga secara online, tes juga online, kalau seperti itu tak ada penitipan dan lain-lain. Jadi ini betul-betul murni dan sesuai kemampuan peserta,’’jelasnya.

Pada kesempatan itu ia juga emnjelaskan bahwa untuk tes kali ini dibuka formasi khusus bagi OAP atau Papua dan non Papua.

‘’Hal ini sesuai proter dari SDM BKN Provinsi Papua, bahwa peserta Papua akan berkompetisi dengan mereka, demikian pula untuk non Papua. Sejak awal kita beri kemudahan, pendampingan hingga tadi pengumuman seleksi administrasi,’’tambahnya.

Selanjutnya Pemkab dan panitia juga merencanakan untuk melakukan try out atau simulasi bagi peserta OAP untuk memudahkan mereka saat kegiatan tes online mendatang. ‘’Ini nanti akan kita jadwalkan segera,’’pungkasnya. (Arif / Koran Harian Pagi Papua)