JAKARTA (LINTAS PAPUA)  – Susroni tetap sumringah meski menghadapi kemacetan jalan tol Jakarta-Cikampek. Satu per satu penumpang dia layani dengan ramah. Meski sedang berpuasa, bagi dia, segala kerepotan arus mudik adalah hal biasa. Sebab, dia sudah 18 tahun berlebaran di jalan.

“Ayo masuk semua, kalau sudah saya absen ini. Soalnya infonya Cikampek macet panjang,” ujarnya kepada para penumpang, Sabtu, 1 Juni 2019, sekitar pukul 12.00.

Informasi yang didapat dari rekan-rekannya sesama sopir bus itu ternyata benar. Ruas tol Jakarta – Cikampek lumayan macet.

Kepadatan mulai terasa di area tol Bekasi hingga selepas Cikampek. Bahkan, ada kemacetan parah sepanjang lebih dari 10 km di Cikampek.

Susroni bertugas sebagai sopir bus Big Bird sejak 2001. Setiap perjalanan bus, ada dua sopir. Kali ini dia memilih sebagai sopir cadangan. Sebab, di hari berikutnya dia terjadwal sebagai sopir utama.

“Sopirnya dua memang. Kalau capek langsung gantian,” ungkapnya.

Arus mudik dan suasana lebaran jarang menghinggapi batin Susroni. Sebab, selama 18 tahun bekerja, dia baru 5 kali berlebaran di rumah.

“Itupun sorenya harus berangkat lagi, sudah resiko dan sudah tugas saya. Jadi sudah biasa,” terangnya.

Dikala orang lain berusaha berkumpul dengan keluarganya untuk menikmati liburan Idul Fitri, kakek satu cucu ini malah berjibaku di jalan.

“Kita kan pahalanya banyak bantu orang mudik, ikut seneng lihat orang bisa lebaran. Saya semangat kalo gitu kerjanya,” jelasnya.

Saat ditanya apakah Susroni merindukan keluarga di kala lebaran, dia bergeming. Menurut pria kelahiran Pemalang, Jawa Tengah ini dirinya sudah terbiasa berlebaran di jalan.

“Gimana ya, sudah biasa kaya gini. Jadi ya sudah biasa. Saya bersyukur saja bisa bantu arus mudik,” katanya.

Selain soal lebaran, menurut Susroni, mudik dua tahun terakhir ini lebih lancar. Meski macet di beberapa titik, bagi dia, hal tersebut masih terhitung lancar.

“Ya ini tolnya sangat membantu. Biasanya 18-20 jam Jakarta-Yogyarta sekarang 12-13 jam. Paling lama 15 jam,” ujarnya. (ZAA) (https://jokowidodo.app/post/detail/nikmatnya-18-tahun-lebaran-di-jalanan )