BPOM Papua Gelar Pengawasan Makanan Saat Berbuka Puasa

0
389
Hari Kamis(16/5/2019), melaksanakan sidak pasar pagi harinya, siang hingga sore mengambil beberapa sample Takjil di beberapa wilayah, kemudian berakhir pada pasar Ampera sekitar Paldam Jayapura. (Fransisca / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI Provinsi Papua, melakukan pengawasan penuh dengan terjun langsung ke pasar tradisional dan modern di seluruh Papua dan Papua Barat untuk melakukan pengawasan pangan, yang saat ini sedang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Papua.

Hari Kamis(16/5/2019), melaksanakan sidak pasar pagi harinya, siang hingga sore mengambil beberapa sample Takjil di beberapa wilayah, kemudian berakhir pada pasar Ampera sekitar Paldam Jayapura.

Kepala bidang penindakan Balai POM RI Provinsi Papua, Buyung, menjelaskan tujuan dari sidak Pasar dan uji sample makanan, guna terjaminnya pangan masyarakat Papua, sidak Sudah dilakukan menyeluruh, makanan siap saji di Jayapura tergolong Aman.

“Kami memastikan semua bahan pangan diolah mengunakan bahan yang aman, semua pasar sudah di periksa, belum ada temuan dari sidak, masi aman, Pewarna pangan, sampai minggu terakhir sebelum lebaran akan terus laksanakan pengawasan, hingga minggu depan” tuturnya.

Buyung juga membeberkan, bahwa temuan pada saat sidak pasar modern di Mall Jayapura, Balai POM RI menemukan beberapa pangan kadarluarsa dan langsung mengamakannya.
“Kita menemukan ice cream yang sudah kadarluarsa, selain itu ada biskuit Sudah lewat tanggal kadaluarsa, tadi pagi saat sidak Pasar.Sudah kita amankan,” katanya.

Pada akhirnya, Buyung menjelaskan tindakan yang di ambil oleh B POM RI Papua, bila menemukan pangan kadaluarsa, juga mengandung bahan berbahaya bila di konsumsi.
“kita akan melakukan teguran juga pengawasan terus menerus kepada penyedia bahan makanan dan pangan siap saji, agar tidak lalai lagi dalam menyediakan bahan makanan.

Kalau ada bahan yang di larang kita akan telusuri, dan melakukan teguran kepada penyedia pangan. Lalu kalau ada laporan dari masyarakat, kita tindak lanjuti laporan ini.” tegasnya. (Fransisca / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here