<
Lintaspapua.com

Sumber Daya Manusia Faktor Penting Peningkatan Pembangunan di Papua

LINTAS PAPUA - Rabu, 1 Mei 2019 - 04:01 WITA
Sumber Daya Manusia Faktor Penting Peningkatan Pembangunan di Papua
Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia,  Anni Rumbiak, memberikan arahan dalam satu kesempatan, kemarin. (Erwiun / HPP) ()
Penulis
|
Editor

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Sumber Daya Manusia yang berkualitas serta berdaya sain tinggi, diyakini bakal mampu mempercepat serta mengatasi permasalahan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi rakyat serta konektivitas wilayah.

Hal itu, disampaikan Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia Anni Rumbiak, di Jayapura, dalam satu kesempatan, kemarin.

Untuk itu, sambung ia, saat ini Pemerintah Provinsi Papua melalui Biro Otonomi Khusus (Otsus) setempat berupaya mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi dengan pemberian beasiswa bagi orang asli bumi cenderawasih.

Hanya saja untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan dukungan kebijakan serta sinergitas maupun keterpaduan dalam pelaksanaannya.

“Makanya, kita mendorong perencanaan kebutuhan sumber daya manusia yang menyebar di lima wilayah adat. Namun, sistem seleksi itu harus transparan dan akuntabel serta proposional menurut wilayah adat serta bidang keahliannya”.

“Dengan begitu, kedepan kita bisa menghasilkan SDM handal yang dapat mendukung pembangunan daerah di masing-masing wilayah adatnya,” ucap ia.

Anni pada kesempatan itu mengapresiasi program pemberian beasiswa bagi putra dan putri asli Papua untuk mendorong peningkatan SDM bumi cenderawasih. Sebab program ini dinilai penting dan strategis dalam menghasilkan siswa-siswi unggulan, guna meningkatkan sumber daya manusia orang asli Papua.

“Sebab para siswa dan siswi ini kan mengikuti atau melanjutkan studi pendidikan tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri”.

“Dengan harapan sumber daya alam Papua bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan kualitas dan daya saing tinggi,” katanya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123