Renungan Harian, Selasa 23 April 2019 : WASPADA TERHADAP AJARAN SESAT

0
117

Bacaan : 2 Korintus 11:1-6

“Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya.” (2 Korintus 11:3)

Alkitab menyatakan bahwa di masa-masa akhir “…Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.” (Matius 24:24).

Inilah pekerjaan Iblis yang berusaha dengan segala cara mengelabui dan menghasut banyak orang percaya dengan memunculkan ajaran-ajaran yang menyimpang dari Injil Kristus, supaya dalam diri mereka timbul keragu-raguan dan ketidakpercayaan.

Bagi orang percaya yang tidak berakar kuat di dalam Tuhan dan firman-Nya pasti akan mudah terseret. Inilah yang rasul Paulus takutkan dan kuatirkan!

Banyak di antara kita yang hanya diam seribu basa, tidak bisa bersikap tegas, dan tak kuasa menolak ketika kedatangan orang-orang yang memberitakan ajaran-ajaran yang bertentangan dengan Injil Kristus. Bahkan ada orangtua yang justru menyarankan anak-anaknya belajar kepada mereka dengan alasan untuk perbandingan.

“Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.” (ayat 4).

Berhati-hatilah! Jangan sekali-kali kita kompromi! “Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.” (1 Yohanes 2:18).

Orang percaya harus ekstra waspada menanggapi ajaran sesat dari orang-orang yang mengaku utusan Kristus, padahal mereka seperti musuh dalam selimut. Lengah sedikit, mereka siap menerkam! Rasul Paulus berkata: “Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.” (Galatia 1:8).

Melekat kepada Tuhan dan berakar dalam firman adalah kunci melawan tipuan Iblis!

Dapatkan renungan dan ilustrasi kristen terlengkap serta update setiap hari. (Download di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kristen.renunganilustrasi )