<
Lintaspapua.com

Renungan Malam : HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN BERHARGA

LINTAS PAPUA - Jumat, 5 April 2019 - 20:03 WITA
Renungan Malam : HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN BERHARGA
 ()
Penulis
|
Editor

Bacaan  : Lukas 13 : 6 – 9

“Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!” (Lukas 13:7)

Dalam perumpamaan tentang pohon ara yang kita baca, dikatakan sudah tiga tahun lamanya si pemilik kebun mencari buah pada pohon ara itu, namun ia tidak mendapatkannya. Lalu si pengurus kebuh meminta kepada pemilik kebun untuk diberi kesempatan setahun lagi; “…aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!” (ayat 8-9). Ini berbicara tentang sebuah kesempatan!

Dalam hidup kita menjumpai ada banyak kesempatan. Dengan kata lain hidup ini adalah sebuah kesempatan. Pertanyaannya: bagaimana agar kita dapat melihat kesempatan itu dan menggunakannya dengan baik? Orang-orang yang berhasil dalam bidang apa pun yang ditekuninya adalah mereka yang mampu menangkap setiap kesempatan yang menghampiri hidupnya.

Bukan berarti mereka tidak pernah gagal, tapi mereka mampu menjadikan kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar, berbenah dan memperbaiki diri.

Sebaliknya ada banyak orang yang hidup dalam kegagalan demi kegagalan oleh karena telah menyia-nyiakan dan membuang kesempatan yang datang dalam hidupnya.

Bicara tentang kesempatan selalu berkaitan dengan waktu. Dalam membicarakan waktu Tuhan ada tiga istilah dalam Alkitab:

1. Waktu kronos, yaitu waktu yang biasa, yang selalu ada. Kronos menunjukkan jangka waktu tertentu, entah itu waktu yang singkat (sekejap saja) atau waktu yang lama.

Kata Yunani kronos dipakai berhubungan dengan jam, bulan dan tahun. Waktu kronos adalah siklus waktu yang biasa;

2. Waktu aion, yang menunjukkan entah waktu yang lama sekali, ada waktu yang tanpa batas. Oleh sebab itu aion dipakai untuk waktu yang dimulai dengan penciptaan dan berakhir dengan kedatangan Kristus yang kedua kali; atau juga tentang waktu kekekalan, yaitu waktu tanpa batas;

3. Waktu kairos, yang berbicara tentang periode tertentu. Kalau waktu itu sudah lewat tidak akan kembali lagi. Ini berbicara tentang kesempatan dan momentum yang ada di waktu-waktu tertentu.

Kalau tidak digunakan, maka waktu (kairos) itu akan hilang.

Dapatkan renungan dan ilustrasi kristen terlengkap serta update setiap hari. (Download di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kristen.renunganilustrasi )

1 Komentar pada “Renungan Malam : HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN BERHARGA”

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123