Sambut HUT Kementerian BUMN, PT. Angkasa Pura I Biak Gelar Kelas Kreatif

0
172
Peserta Kegiatan dengan sabar dan semangat mengikuti kegiatan dari pagi hingga sore hari. (Viona / lintaspapua.com)

BIAK (LINTAS PAPUA) – Kabupaten Biak Numfor merupakan salah satu dari 30 daerah di Indonesia menjadi tempat digelarnya kegiatan Kelas Kreatif BUMN 2019.

Kegiatan Kelas Kreatif ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Kementerian BUMN ke-21 pada 13 April mendatang yang dilaksanakan di Auditorium IISIP Yapis Biak, Rabu (27/03/2019)

Caption Foto : Suasana Foto bersama General Manajer PT. Angkasa Pura Biak beserta seluruh peserta kegiatan. (Viona / lintaspapua.com)

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Keuangan Novri Handri mewakili Direksi PT. Angkasa Pura I dan dihadiri olej Vice Presiden of CSR PT. Angkasa Pura I, Nur SaptoWinoto, Rektor IISIP Yapis Drs. Djamil Hasim beserta para dosen, General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Frans Kaisepo Biak Agus Budiharto beserta staff Angkasa Pura Biak.

“BUMN hadir untuk negeri ini sebagai bentuk kontribusi nyata kepada masyarakat Indonesia dan untuk  hari ini kami berada di Biak karena Angkasa Pura ada di Biak dan  kami menginisiasi digelarnya Kelas Kreatif BUMN. Dan Kegiatan ini lebih di fokuskan  ke E-Commerce, bagaimana mengetahui dan menggarap potensi generasi muda di Biak yang kreatif, percaya diri yang patut dikembangkan dan dimanfaatkan dengan baik untuk lebih mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja.” Ujar Novri Handri.

Kelas Kreatif ini dibagi menjadi empat kelas, yakni kelas Photografi dan sosial media dengan narasumber dari Komunitas Fotografi Biak, kelas Coffee dan Barista dengan narasumber Vicky Pongoh dari Kopi Pace Papua, Kelas Laundry dengan narasumber pemilik Ryan Laundry, Sugeng dan materi E-Commerce dengan pemateri sekaligus motivator nasional Remaja Tampubolon.

Sebagai motivator, Remaja Tampubolon memberi semangat bagi anak muda di Papua pada umumnya dan di Biak Numfor khususnya untuk tetap belajar dan menjadi generasi milenial yang “creative, confident dan connected”.

“Potensi yang besar ada di anak muda Biak setelah saya melihat langsung saat pemberian materi kelas E-Commerce, para peserta menyampaikan berbagai pertanyaan, bahkan ada yang membawa produk hasil kerajinan tangan yang dijual secara online meski terbatas di Biak, dan masih banyak potensi yang sayang jika hanya dilepas tanpa di explore dan tanpa pelatihan serta pendampingan,” katanya.

“Sehingga saran saya bagi instasi terkait yang ada di Biak dapat bergandeng tangan mengakomodir dan mewadahi potensi anak muda Biak dengan  sarana yang disiapkan seperti tempat pelatihan bagi anak muda.”ungkap Remaja Tampulobon.

Antusias pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di Biak untuk mengikuti kelas kreatif BUMN 2019 dapat terlihat dengan membludaknya peserta hingga 371 orang dari target awal 300 peserta.

Sementara itu, Anif Siswa SMK Yapis 1 Biak merasa termotivasi dan lebih percaya diri untuk mengembangkan produk hasil buatannya sendri yakni tas rajut. “dengan adanya kegiatan ini kita dapat terus mengembangkan produk kita dengan cara memasarkan produk secara online dan juga melalui anggota grup. Harapannya sih ini lebih dikembangkan dan diadakan rutin di Biak.” Harap Anif

 

Selain membuka Kegiatan, Direktur Keuangan PT Angkas Pura I Biak, Novri Handri di hari yang sama juga menyerahkan bantuan CSR kepada korban bencana banjir bandang Sentani berupa bantuan barang dengan nominal Rp. 70 juta yang diserahkan melalui posko Lanud Manuhua Biak  di Base Op Lanud Manuhua dan diterima oleh Kapekas Lanud Manuhua Biak Letkol Adm Supardam mewakili Danlanud Manuhua Biak. (Viona / lintaspapua.com)