<
Lintaspapua.com

Freeport Tra Berhenti Distribusi Bantuan : Buka Posko dan Giat Salurkan Bama dan Obat ke Warga Korban Bencana Banjir Bandang

LINTAS PAPUA - Rabu, 27 Maret 2019 - 09:58 WITA
Freeport Tra Berhenti Distribusi Bantuan : Buka Posko dan Giat Salurkan Bama dan Obat ke Warga Korban Bencana Banjir Bandang
 ()
Penulis
|
Editor

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – PT Freeport Indonesia (PTFI) sejak Minggu (17/3/2019) hingga Selasa (26/3/2019) terlihat belum lelah mendatangi kampung-kampung  di daratan kota Sentani, permukiman penduduk sepanjang pesisir danau Sentani serta  berbagai tenda penampungan pengungsi korban bencana alam banjir bandang untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan, pakaian, perlengkapan mandi, obat-obatan serta menerjunkan Tim medis dan Tim Emergency Preparedness & Respond (EPR).

Pantauan wartawan di Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura, Selasa, Tim Relawan PTFI yang telah membuka Posko Bantuan Kemanusiaan sejak hari pertama pasca banjir bandang melanda wilayah itu, terus-menerus mendistribusikan bahan bantuan kemanusiaan itu antara lain ke kampung Sosiri, Yakonde, Kehiran Away, Doyo Baru, Dunlop Sentani, dan Kemiri.

Ondoafi (kepala suku) Kampung Sosiri, Distrik Waibu, Boas Henock atas nama masyarakat korban banjir bandang menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Terimakasih kepada Freeport yang telah memberikan bantuan kemnusiaan kepada para korban banjir. Kami memang sedang menderita dan karena itu apapun yang diberikan dengan hati yang tulus, kami terima dengan rasa sykur dan terimakasih,” kata Boas Henock.

Selain sumbangan PTFI sebagai sebuah perusahaan tambang tembaga, perak dan emas, berbagai paguyuban, organisasi dan komunitas dalam lingkungan perusahaan ini pun terus mengirimkan bantuan kemanusiaan mereka seperti Kounitas PTFI yakni kumpulan  keluarga-keluarga karyawan PTFI, para Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (PUK SP KEP) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PTFI, “Karakas” yang adalah  paguyuban  para karyawan PTFI yang tergabung dalam kelompok suporter Persipura Jayapura.

Caption Foto : Jangkau Korban Bencana Banjir Bandang di Sentani. Terlihat kekompakan Tim Relawan PTFI yang terjun ke tengah masyarakat di berbagai kampung dan teda penampungan para pengungsi. Tim relawan ini bekerja tidak kenal lelah. (Foto Istimewa)

Masing-masing kelompok di atas telah mendatangi lokasi pengungsi dan kampung-kampung yang terkena bencana alam banjir bandang untuk memberikan paket  bantuan kemanusiaan sesuai yang dibutuhkan para korban di lokasi masing-masing.

Selain itu, bantuan pun diberikan oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) sebuah lembaga nirlaba yang didirikan oleh PTFI untuk memberkan pelayanan kepada masyarakat Tujuh Suku di areal operasi PTFI di Kabupaten Mimika di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Menurut rencana, penyerahan bantuan LPMAK tersebut diserahkan pada rabu (27/3) di Posko Induk Penanggulangan bencana alam banjir bandang di Komplek Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani.

Terlihat kekompakan Tim Relawan PTFI yang terjun ke tengah masyarakat di berbagai kampung dan teda penampungan para pengungsi. Tim relawan ini bekerja tidak kenal lelah.

Caption Foto : Terima kasih Komunitas PT Freeport Indonesia Tembagapura. Tampak saat berbagi di Kampung Kensio. (Foto Irma Sokoy)

PTFI sejak hari pertama pasca bencana alam banjir bandang yang melanda Kabupaten Jayapura (16/3/2019) menerjunkan Tim Relawannya secara menyeluruh dan terpadu ke lokasi bencana untuk menemui para korban yang hidup maupun yang telah meninggal dunia guna memberikan pertolongan pada kesempatan pertama.  Tim yang tangguh ini terbagi ke dalam beberapa tim kecil yaitu Tim EPR, Tim Medis, Tim Distribusi bantuan dan Tim Media.

Tim Relawan PTFI dipimpin langsung oleh  Johny Lingga selaku Vice Presiden (VP) Departemen Hubungan Pemerintahan (Govrel) PTFI wilayah Papua didampingi oleh  Anderson Sonny Worabai selaku Kepala Kantor Perwakilan PTFI Jayapura, dan  Kerry Yarangga selaku Manajer Corporate Communication (Corcom) PTFI.  (***)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123