Dinkes Papua Terjunkan Tim Pelayanan Kesehatan Bantu Korban Banjir Bandang

0
528
“Kami dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua sudah melakukan koordinasi dengan semua instansi kesehatan lainnya dan juga rumah sakit - rumah sakit mitra maupun rumah sakit - rumah sakit pemerintah untuk menurunkan tenaga kesehatan guna bertugas di posko pelayanan kesehatan yang dibuka di Sentani sini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, kepada sejumlah awak media di Posko Induk Pelayanan Banjir Bandang, di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (17/3/2019) sore pekan lalu. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menerjunkan tim pelayanan kesehatan untuk mengatasi kesehatan warga korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

“Kami dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua sudah melakukan koordinasi dengan semua instansi kesehatan lainnya dan juga rumah sakit – rumah sakit mitra maupun rumah sakit – rumah sakit pemerintah untuk menurunkan tenaga kesehatan guna bertugas di posko pelayanan kesehatan yang dibuka di Sentani sini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, kepada sejumlah awak media di Posko Induk Pelayanan Banjir Bandang, di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (17/3/2019) sore pekan lalu.

Ia mengatakan, petugas khusus di bidang kesehatan tanggap darurat ini sudah sangat siap dan sudah ada pasien yang ditangani oleh tim pelayanan kesehatan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan instansi satker pelayanan kesehatan dan Dinkes provinsi/kabupaten maupun rumah sakit provinsi/kabupaten, terutama RSUD Yowari dan rumah sakit dari Keerom juga serta beberapa rumah sakit mitra di provinsi ini. Semua puskesmas sekitar sini, Dokkes Polda Papua dan Kakesdam, juga kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial provinsi/kabupaten, BNPB, kemudian kita juga koordinasi dengan Jasa Raharja,” katanya.

“Kemudian tim kesehatan juga sudah buat shift untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada korban banjir. Dan, dari sisi sumberdaya manusia (SDM) medis, para medis maupun penunjang serta obat-obat an itu saya pikir sudah sangat siap,” tambah pria yang juga pernah menjabat sebagai Direktur RSUD Abepura ini.

Menurut Aloysius Giyai, saat ini persediaan obat-obatan tidak ada masalah dan mencukupi untuk menangani pelayanan kesehatan masyarakat di posko-posko penanganan korban banjir bandang. Saat ini, petugas tim kesehatan sudah siap memberikan pengobatan.

“Kami disini kan ada yang standby di Puskesmas Sentani, RSUD Yowari dan di Posko Induk sini. Jadi, ada lima sampai enam dokter standby shift (gantian) yakni, dokter-dokter spesialis semua kita sudah galakkan. Intinya khusus tim kesehatan maupun obat-obatan untuk sementara kami sudah sangat siap,” tuturnya.

“Kami berharap tim pelayanan kesehatan ini semua warga korban banjir bandang tidak terserang penyakit,” katanya. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here