Relawan Garuda Kabupaten Jayapura Bantu Korban Banjir Bandang Sentani

0
173
Ratusan relawan Garuda Kabupaten Jayapura membantu korban Banjir Bandang di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (17/3/2019) siang pekan kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Ratusan relawan Garuda Kabupaten Jayapura membantu korban Banjir Bandang di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (17/3/2019) siang pekan kemarin.

Selain mendistribusikan makanan siap saji, Relawan Prabowo-Sandi Kabupaten Jayapura bahu membahu membersihkan pemukiman warga dari lumpur. Walaupun relawan Garuda Kabupaten Jayapura yang baru terbentuk sepekan lalu, untuk mendukung pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi ini, nampaknya mereka terdepan dalam penanganan kebencanaan yang terjadi di Bumi Khenambay Umbay.

Menurut Ketua Umum Relawan Prabowo-Sandi Kabupaten Jayapura, Muhammad Rusly, tingginya curah hujan yang menyebabkan air bercampur material tanah dan lumpur dari arah Pegunungan Cycloops tumpah ke jalan raya pada Sabtu (16/3/2019) malam pekan lalu.

“Tingginya curah hujan yang menyebabkan air bercampur material tanah dan lumpur dari arah Pegunungan Cycloops tumpah ruah ke jalan raya dan mengakibatkan terjadinya banjir bandang di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura pada hari ini (kemarin). Air membawa material lumpur, kayu dan batu maupun pohon, sehingga menyebabkan genangan sebagian besar di sejumlah titik atau lokasi Terdampak sampai sedalam 100 cm. Diperkirakan sekitar 24 unit rumah di sejumlah titik Terdampak ikut hanyut,” jelas pria yang akrab disapa Rusly ini.

Untuk itu, Rusly menyampaikan bahwa pihaknya turut prihatin dan berbelasungkawa atas bencana banjir bandang yang menimpa masyarakat di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Oleh sebab itu, kami dari Relawan Garuda Kabupaten Jayapura turut berduka cita dan kiranya keluarga yang ditinggalkan tetap kuat menerima cobaan ini,” ucapnya pria yang akrab disapa Rusly ini ketika ditemui awak media di lokasi Banjir Bandang di depan Mako Yonif RK 751/VJS, tepatnya di Jalan Bosco Fernandus, di areal Masjid Babul Khoir, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (17/3/2019) siang pekan kemarin.

“Jadi, ini sebagai bentuk kepedulian kita dari relawan Garuda dan juga bentuk rasa persaudaraan kita sesama umat manusia. Inilah bentuknya dan tenaga kita, dengan apa yang kita bisa bantu akan langsung turun ke lapangan. Tentunya kejadian atau musibah banjir bandang ini sangat mengiris dan menggugah hari kita, karena begitu banyak masyarakat yang menjadi korban atas bencana banjir bandang ini,” sambungnya.

Rusly menyebutkan, di beberapa titik banjir bandang itu pihaknya sudah turun membantu dan mengevakuasi korban banjir bandang tersebut.

“Jadi, beberapa tempat tadi (kemarin pagi hingga siang hari) sudah kita bantu untuk evakuasi korban banjir di BTN Bintang Timur. Nah, ini yang berikutnya kita ke Masjid Babul Khoir, Jalan Bosco Fernandus, tepatnya di depan Mako Yonif RK 751/VJS, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Karena disini kondisinya cukup memprihatinkan, sehingga kita fokuskan disini agar bisa selesai hari ini (kemarin) juga untuk digunakan sebagai tempat ibadah,” sebutnya.

Selain di lokasi depan Mako Yonif RK 751/VJS, ujar Rusly, pihaknya akan bergerak menuju ke lokasi banjir lainnya seperti di BTN Sosial atau kembali lokasi awal di BTN Bintang Timur.

“Ini rencananya semampu kita, dan usai dari lokasi masjid ini kita bergeser lagi ke lokasi lain. Rencana di Sosial atau kembali lagi ke BTN Bintang Timur,” ucapnya.

Sebelumnya, saat terjadinya musibah banjir bandang tersebut Relawan Garuda Kabupaten Jayapura menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah membuka posko pelayanan bantuan korban banjir bandang.

“Ya, semalam kita berencana sudah mau bantu evakuasi namun berhubung kondisi jalan yang tidak bisa dilalui. Maka itu kita kembali dan kita berinisiatif pada pagi hari ini (kemarin) bergerak membantu warga korban banjir sejak pukul 08.00 WIT,” cetusnya seraya menambahkan bahwa dirinya menerjunkan sebanyak 100 relawan Garuda Kabupaten Jayapura untuk membantu warga korban banjir yang disebar di beberapa titik Terdampak.

“Kita juga membuka posko bantuan korban banjir bandang bersama Baznas di Hotel Sentani Raya, Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Kalau dari tadi malam itu sudah ada 8 kepala keluarga (KK) yang kita tampung (nginap) di hotel yang kita jadikan sebagai posko pelayanan bantuan bencana alam,” tukasnya.

Pada musibah itu, Relawan Garuda sudah hadir membantu korban banjir bandang sejak Minggu (17/3/2019) pukul 08.00 WIT setelah musibah banjir bandang menerjang di sejumlah lokasi Terdampak. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)