Warga Ardipura Terima Pelayanan Dukcapil GISA Mobile Perekaman e – KTP

0
524
Wakil Wali Kota saat menyampaikan sambutannya, saat membuka kegiatan. (Aerdiles lintaspapua.com )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Pelayanan mobile perekaman e-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura berlangsung di Kelurahan Ardipura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Sabtu, 16 Maret 2019.

Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) kependudukan di Kota Jayapura merupakan pelayanan bagi warga di tempat. Dan Kelurahan Ardipura mendapat kesempatan istimewa ini.

Termasuk dalam GISA ini selain pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP juga Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan Uloli mengatakan, ini merupakan wujud kehadirian Pemerintah ditengah-tengah rakyat sebagai bentuk kepedulian dan juga ini sebagai bukti otentik pelayanan masyarakat melalui GISA.

Dijelaskan, terpilihnya Kelurahan Ardipura sesuai dengan SK Wali Kota setempat sebagai Kelurahan tertib kependudukan.

“Jadi kami turun kesini, (Kelurahan Argapura) tepatnya RW/10, dan nantinya di akhir tahun 2019 seluruh warga yang ada di Kelurahan Argapura sudah mempunyai dokumen kependudukan tidak ada yang terlewatkan,” jelas Merlan.

Ditakatakan, rangkaian kegiatan GISA hari ini tim dukcapil turun dengan kekuatan penuh. “Sehingga semua dokumen akan direkam, dan dicetak langsung tempat, pelayanan seluruhnya jadi di tempat,” katanya.

“Tujun kita supaya masyarakat ini senang, bahagia, puas dengan pelayanan kita,jangan sia-siakan kesempatan ini,” lanjut Merlan menambahkan.

Ditambahkan selama tahun ini Dispendukcapil akan melakukan pelayanan masyarakat selama tujuh kali.

“Kita lihat tempat yang wajib kita turun, ya kita turun, kalau cuma disalah satu tempat cuma ada segelintir orang kita tidak akan turun,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., yang hadir membuka kegiatan GISA mengatakan, program ini sangat penting, mengingat begitu banyak peduduk yang ada dan terlibat dalam pembangunan, namum belum mempunyai dokumen kependudukam lengkap.

“Program ini muncul agar data identitas administrasi pencatatan penduduk itu tertib, jadi GISA ini sangat penting,” katanya.

Kalau ini sudah dilaksankan, sambun Rusatan, maka diharapkan seluruh warga Kota Jayapura sudah punya identitas lengkap.

“Nanti kedepannya, di Puskesmas, Kelurahan kalau ada warga yang tidak memiliki identitas lengkap maka akan dikenakan biaya, ini akan dikeluarkan perdanya oleh Dinas Dukcapil,” ujarnya.

Dirinya menghimbau untuk masyarakat di Kelurahan Ardipura untuk gunakan kesempatan ini dengan baik.

Dengan demikian pihaknya berharap dengan program GISA ini bisa disosialisasikan untuk semua masyarakat karena memang program ini sasarannya kepada warga.

“Untuk itu ajak semua warga dari RT/RW merapat, dan mengurus kelengkapan identitas, ini tidak usah dibayar alias gratis,” tandasnya.  (Ardiles/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here