JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Mentri Hubungan Mahasiswa dan Informasi Kampus, Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Universitas Sains dan Teknologi Jayapura menggelar Pelatihan Jurunalistik Berthemkan ” Bersinergi Menuju Generasi Kritis” di Gedung Fikes, USTJ, Sabtu, (9/3/2019).

 

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 29 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, baik Uncen, Stikom Muhamadiya dan PT lainnya. Dan Pemateri dari Jubi.co.id, Hendrikus Yeimo, S.I. Kom., Sekretaris Mentri Hubungan Mahasiswa Dan Informasi Kampus menyatakan, kegiatan ini bertujuan mencetak mahasiswa USTJ yang berpikiri kritis terhadap permasalahan yang terjadi sekitar. Tetapi juga menjadi mahasiswa yang pandai menulis.

 

“Seperti, banjir masuk di dalam kampus, wisuda, kegiatan-kegiatan mahasiswa. Tetapi juga aksi dan peristiwa yang besar,”katanya.

Kata dia, pelatihan ini agenda mentri yang akan dilakukan tiap bulan sekali, sehingga peserta yang ikut diawal kegiatan ini terus dididdik dan dibina khusus untuk menjadi wartawan kampus.

 

“Kami berencana untuk membuat tabloid kampus, website kampus dan terakhir menbentuk satu UKM Pres di kampus USTJ. Makanya, kami mengawali dengan kegiatan pelatihan jurnalistik,”ujarnya.

 

Sementara, Ketue BEM PT USTJ, Alexander Gobai mengharpakan, peserta yang ikut kegiatan itu tetap konsisten dan fokus. Karena mereka didik menjadi mahasiswa yang kritis dalam bidang tulis-menulis.

“Mereka harus bisa menulis, meskiti pelatihannya singkat,”harapnya. Kata dia, Mahasiswa adalah independen yang tidak memihak pada penguasa dan pengusaha. Makanya, harus berbicara dan menulis pada nilai-nilai mahasiswanya, seperti, keadilan, demokrasi, perdamaiaan dan kesejahteran. “Pelatihan itu bertujuan untuk menulis dari nilai-nilai itu,” katanya. (Humas BEM USTJ)