Indonesia Segera Miliki Pelabuhan Laut Megah

0
682

LAMPUNG (LINTAS PAPUA)  –  Gagasan Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia adalah dengan penguatan sektor transportasi laut antarpulau. Ada tiga pelabuhan laut di Indonesia yang memberikan pelayanan premium seperti bandar udara (bandara).

 

Ketiga pelabuhan itu adalah Merak Banten, Bakauheni Lampung, dan Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. Semuanya terkonsep cantik dengan fasilitas premium.

 

Oleh karena itu, proyek prestisius bernilai Rp 900 miliar yang sebentar lagi terbangun itu diberi nama Executive Port.

 

Yang mengerjakan proyek ini adalah 100 persen perusahaan BUMN, yaitu PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pembangunan Perumahan (PP), dan Patra Jasa.

 

Seperti dilansir situs resmi milik Indonesia Ferry Property (Ifpro), tujuan utama dari pembangunan pelabuhan eksekutif ini adalah untuk mendorong sektor pariwisata, turisme, dan ekonomi lokal, yang tumbuh setelah pembangunan infrastruktur.

 

Dalam video blueprint pembangunan ketiga pelabuhan itu terlihat jelas Executive Port ini akan menumbuhkan rasa bangga rakyat terhadap infrastruktur milik mereka. Bangunannya sangat megah dan besar.

 

“Kami ingin pelabuhan di Indonesia tidak kalah dengan pelabuhan di Singapura. Jadi, pelabuhan nanti bisa jadi destinasi wisata. Bukan hanya untuk mereka yang ingin menyebrang, tapi juga bagi masyarakat umum,” kata Direktur Ifpro, Riza Perdana Kusuma, seperti dilansir Suara Karya, Jumat (30/8/2018).

 

Berikut adalah foto-foto dan gambar tiga pelabuhan premium yang sedang dibangun oleh Ifpro.

 

MERAK EXECUTIVE PORT

Sejumlah fasilitas dan layanan premium akan bisa didapatkan warga di ketiga pelabuhan tersebut. Misalnya, di pelabuhan Merak dan Bakauheni, pemerintah akan membangun pelabuhan eksekutif di atas tanah seluas 17.000 meter persegi.

 

Bangunan luas itu akan dilengkapi dengan valet parking service dengan slot parkir mencapai 600 mobil. Akan terbangun taman indah di dalam bangunan tersebut yang dilengkapi dengan eskalator dan sejumlah toko retail terkenal yang akan menjadi partner.

BAKAUHENI EXECUTIVE PORT

Fasilitas pelabuhan itu juga akan dilengkapi dengan hall kedatangan dan keberangkatan, plus akses untuk memandang kapal yang akan mereka tumpangi.

 

Sekedar informasi, kapal-kapal yang akan digunakan untuk berlayar via pelabuhan eksekutif ini berbeda dengan kapal ferry biasa. Kapal yang digunakan kelasnya premium.

 

PT ASDP Indonesia Ferry juga akan menerapkan waktu berlayar super singkat dan ontime seperti di bandara, yakni hanya berlayar satu jam untuk mengarungi Selat Sunda.

 

LABUAN BAJO EXECUTIVE PORT

Di bagian lain, khusus Executive Port Labuan Bajo, akan dilengkapi dengan sejumlah resort dan hotel ternama untuk menunjang sektor pariwisata. Di sana juga akan dilengkapi puluhan tambatan untuk perahu kecil premium dan yacht, yang sedang menikmati lautan di sekitar Pulau Komodo itu.

 

“Dan untuk menunjang target tersebut, kami menggandeng Cinte sebagai perusahaan yang akan menangani teknologi informasi dan komunikasi atau TIK di pelabuhan, karena dengan IT pelayanan bisa lebih cepat, mudah, dan nyaman, karena semua menggunakan sistem terintegrasi, cashless, online system, mobile apps, dan user experience,” tutur Riza. ( https://jokowidodo.app/post/detail/cantiknya-pelabuhan-eksekutif-indonesia-yang-sedang-dibangun-ini )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here