<
Lintaspapua.com

Sambut Nyepi, Ratusan Umat Hindu di Kabupaten Jayapura Gelar Pawai Ogoh-ogoh

LINTAS PAPUA - Jumat, 8 Maret 2019 - 12:32 WITA
Sambut Nyepi, Ratusan Umat Hindu di Kabupaten Jayapura Gelar Pawai Ogoh-ogoh
 ()
Penulis
|
Editor

SENTANI  (LINTAS  PAPUA) – Menyambut Hari Raya Nyepi, ratusan umat Hindu di Kabupaten Jayapura, menggelar pawai ogoh-ogoh, Rabu (6/3/2019) pagi kemarin lalu.

Sebelum pawai ogoh-ogoh dilepas, diawali dengan acara pembukaan dan sejumlah ritual, yang diisi dengan doa, pementasan tarian dari kelompok tari Ganesa, laporan panitia, sambutan Bupati Jayapura sekaligus melepas secara resmi peserta pawai ogoh-ogoh.

Dalam pawai yang diikuti ratusan umat Hindu, tiga ogoh-ogoh berupa duplikat patung raksasa yang dipajang di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura.

Selanjutnya, patung-patung raksasa itu diarahkan dengan cara dipikul dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura sebagai titik star, menuju Mako Yonif RK 751/VJS, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

 

Ketua Pantia Pawai Ogoh-ogoh Kabupaten Jayapura, Didik Widya Putra dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, yang telah memberikan kesempatan kepada umat Hindu melakukan Pawai Ogoh-Ogoh.

“Pawai Ogoh-ogoh adalah tradisi kami yang dilakukan secara turun temurun, sehingga di tahun ini kami merasa bahagian bisa kembali melakukannya. Biarlah melaui kegiatan seperti ini dapat meningkatkan nilai-nilai kerukunan antar umat beragama di daerah ini,” ujar pria yang juga Penyelenggara Hindu pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura tersebut.

Untuk itu, dirinya mengajak kepada semua umat Hindu yang mengikuti Pawai Ogoh-ogoh untuk memahami makna hakiki yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, setiap umat Hindu dapat menjalankan ajaran agama dengan baik dan terus melakukannya setiap tahun sebagai tradisi.

Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, mengatakan bahwa pawai Ogoh-ogoh yang dilakukan adalah dalam rangka memberikan dukungan dan kontribusi terhadap kedamaian, kebersihan untuk Kota Sentani dan terlebih untuk kebersamaan sesama umat beragama.

 

“Atas nama pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Jayapura, saya menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Nyepi, tahun baru Saka 1941. Mudah-mudahan semua agenda ini bisa berjalan baik,” ucap Bupati Mathius mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Jayapura.

Bupati Mathius mengingatkan, Kabupaten Jayapura telah dicanangkan sebagai zona intgritas kerukunan umat beragama karena itu pawai Ogog-Ogoh yang dilakukan tentu dalam rangkah mempererat kekeluargaan, kebersamaan dan kedamaian sebagai warga Kabupaten Jayapura.

“Kita semua yang berada di daerah ini, harus saling hormat-menghormati, memberikan ruang kepada semua agama melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan. Supaya, makna dari penerapan Kabupaten Jayapura sebagai zona integritas kerukunan umat beragama dapat terwujud,” tandasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123