Kabulkan Permintaan Umat Hindu, Pemkab Jayapura Tetapkan Pawai Ogoh-ogoh Jadi Agenda Tahunan

0
586
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, didampingi Penyelenggara Hindu pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura, Didik Widia Putra saat melepas pawai Ogoh-ogoh di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/3/2019) pagi kemarin lalu. (Foto Istimewa)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Jayapura melalui Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengabulkan permintaan umat Hindu di Kabupaten Jayapura yang meminta untuk menetapkan Pawai Ogoh-Ogoh sebagai agenda tahunan di Bumi Khenambay Umbay.

Permintaan ini disampaikan langsung oleh umat Hindu melalui Ketua Panitia Pawai Ogoh-ogoh Kabupaten Jayapura, Didik Widya Putra dalam laporannya tersebut, yang langsung direspon baik oleh Bupati Jayapura dan dalam sambutannya, Bupati Jayapura telah menetapkan Pawai Ogoh-ogoh menjadi agenda tahunan.

“Kita berharap, pawai (Ogoh-ogoh) ini sesuai permintaan ketua panitia tahun depan dapat dilaksanakan lebih meriah lagi,” harap Mathius Awoitauw dalam sambutannya saat melepas Pawai Ogoh-ogoh di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (06/03/2019) pagi kemarin lalu.

Selain itu, Bupati Mathius menerangkan, permintaan yang disampaikan oleh umat Hindu untuk menjadikan pawai Ogoh-ogoh masuk dalam agenda tahunan pemerintah daerah tidaklah muluk-muluk. Tetapi, wajar untuk diberikan. Sebab, semua warga negara mempunyai hak yang sama dalam melakukan kegiatan keagamaan.

Dirinya menegaskan, mulai tahun ini dan seterusnya, Pawai Ogoh-Ogoh yang di gelar oleh Umat Hindu dalam menyambut hari Raya Nyepi, untuk Kabupaten Jayapura di tetapkan menjadi agenda tahunan pemerintah dan masyarakat terutama Umat Hindu di Kabupaten Jayapura.

“Kita terus berjuang, bersama, bersatu mempertahankan komitmen yang telah kita buat untuk menjadikan Kabupaten Jayapura sebagai zona integritas kerukunan umat beragama melalui penghormatan terhadap acara-acara seremonial dari semua agama,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ogoh-ogoh Kabupaten Jayapura, Didik Widya Putra dalam laporannya menyatakan, umat Hindu Kabupaten Jayapura berkomitmen untuk menjaga kerukunan antar umat beragama. Sebab, daerah ini telah masuk dalam zona integritas kerukunan umat beragama.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Bupati Jayapura yang berkenaan menetapkan Pawai Ogoh-Ogoh sebagai agenda tahunan untuk dilaksanakan oleh kami Umat Hindu di daerah ini,” ucapnya.

Menurutnya, penetapan Pawai Ogoh-Ogoh sebagai agenda tahunan oleh bupati merupakan penghargaan bagi Umat Hindu yang berada di Kabupaten Jayapura. Sebab itu, pihaknya tentu akan ikut bertanggungjawab bersama pemerintah menjaga kerukunan. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here