<
Lintaspapua.com

Sekda Papua Resmi Serahkan DPA, OPD Diminta Segera Lelang Proyek

LINTAS PAPUA - Selasa, 5 Maret 2019 - 10:32 WITA
Sekda Papua Resmi Serahkan DPA, OPD Diminta Segera Lelang Proyek
Sekda Papua, Hery Dosinaen menyerahkan DPA kepada Kepala OPD di lingkungan Pemprov Papua, kemarin. (Erwin / HPP) ()
Penulis
|
Editor

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2019 secara resmi telah diserahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi  Papua,  Hery Dosinaen kepada para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (4/3/2019).

Dengan diterimanya DPA tersebut, Hery meminta para Kepala OPD segera melakukan lelang proyek sesuai program kegiatan yang telah ditetapkan.

“Tidak boleh ada alasan lagi bagi OPD untuk terlambat melakukan lelang proyek. Yang pasti setelah terima DPA langsung mendorong proses lelang ke Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Papua”.

”Yang pasti semua tugas dan tanggungjawab harus dilakukan secara cepat, tepat, sistematis dan efisien. Sehingga penyerapan pun bisa maksimal dan program yang direncanakan itu bisa memberi manfaat yang besar bagi masyarakat Papua,” terang Sekda hery, kemarin.

Sekda mengimbau agar OPD dapat meningkatkat sistem pengendalian intern, sekaligus melakukan intervensi konstruktif kepada pihak ketiga yang melaksanakan pekerjaan. “Intinya bukan berarti intervensi itu atas kehendak ataupun kepentingan tertentu. Yang pasti intervensi ini harus juga dilakukan sesuai aturan dan regulasi yang berlaku”.

“Yang pasti tujuannya untuk kebaikan supaya pihak ketiga bisa bertanggungjawab penuh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Intervensi ini juga sebagai langkah koordinasi, baik secara vertikal maupun horizontal, sehingga semua kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar,” harap ia.

Senada disampaikan, Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa menginstruksikan Kepala OPD di lingkungannya, untuk segera melakukan pelelangan proyek. Hal demikian bertujuan agar penyerapan anggaran lebih maksimal serta tak ada lagi dana pemerintah daerah yang dikembalikan ke kas negara, karena tak sempat tender.

“Sekarang kembali kepada kepala dinasnya ternyata. Maka itu, dengan telah ditetapkannya APBD 2019 dan telahh diserahkannya DPA, segera lah urus lelang secepatnya dan jangan menunda lagi. Sebab ternyata kita tidak bisa menyalahkan Pokja di Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa”.

“Kepala dinas juga punya peranan untuk mempercepat proses pelelangan proyek. Makanya saya harap tahun ini makin baik dan cepat proses lelangnya. Jangan main-main lagi, sebab kita semua ini dimonitor semua pihak,” tutupnya. (Erwin  / Koran Harian Pagi Papua)

 

1 Komentar pada “Sekda Papua Resmi Serahkan DPA, OPD Diminta Segera Lelang Proyek”

  1. […] Berita Umum Sekda Papua Resmi Serahkan DPA, OPD Diminta Segera Lelang Proyek […]

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123