<
Lintaspapua.com

191 Peserta Ikut  Turnamen Catur Piala Wali Kota Jayapura

LINTAS PAPUA - Sabtu, 2 Maret 2019 - 18:03 WITA
191 Peserta Ikut  Turnamen Catur Piala Wali Kota Jayapura
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat menyaksikan pecatur kategori Anak saat pembukaan turnamen. (Ardiles lintaspapua.com) ()
Penulis
|
Editor

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Open Turnamen Catur memperebutkan piala Wali Kota Jayapura, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jayapura yang ke 109 tahun 2019 sekaligus menuju PON 2020 resmi bergulir.

 

Turnamen catur kali ini merupakan yang ke-dua kali dilaksanakan dengan kategori yang sama adalah program Pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Jayapura serta tidak dipungut biaya alias gratis.

 

“Siapapun, dari seluruh lapisan masyarakat yang mencintai catur kami persilahkan untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti turnamen catur dan hari ini kita telah melakukan pembukaan turnamen ini,” kata ketua panitia Lukman Yobe saat menyampaikan laporan.

 

Sebanyak 191 peserta dari 4 kategori yang mengikuti turnamen catur yang berlangsung di lantai III mall Jayapura ini.

 

“ini terdiri dari 4 kategori yakni kategori SD atau anak-anak, yang diikuti sebanyak 17 orang putra, putri 12 orang totalnya 29 orang, untuk kategori remaja setingkat SMP putranya 44 orang peserta putri 11 orang jumlah peserta 55 orang, kategori dewasa setingkat SMA, putranya 18 orang dan putri 1 orang, jadi 19 orang, sedangkan kategori Senior ada 88 orang sehingga ditotalkan semua ada 191 peserta,” jelasnya.

 

Dikatakan, animo masyarakat untuk mengikuti turnamen ini luar biasa dan ia berharap bahwa melalui turnamen dapat melahirkan bibit pecatur yang memiliki skil dan teknik bermain yang komplit.

 

“Kita tidak bisa berharap dengan pecatur yang ada di Kota Jayapura yang sudah tua karena pastinya mereka akan surut kebelakang dan mereka akan diganti oleh pecatur yang baru yang hari ini bertanding,” ungkapnya.

 

Ada begitu banyak atlit catur muda di Indonesia Sambung Lukman yang prestasinya sudah mendunia, dan itu bermula dari proses pembinaan secara kontinu dan berkesinambungan tidak ada yang namanya instan.

 

“Jadi tidak ada olahraga itu yang dihasilkan keberhasilannya dengan instan itu harus melalui proses yang berkelanjutan,” katanya.

 

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., menyampaikan terimakasi bagi para kepala sekolah juga orang tua yang telah mengantarkan para peserta didik untuk mengikuti turnamen ini.

 

“Kalau dalam permainan kalian (anak-anak) sudah mengusai catur dan rebut kemenengan, menghancurkan dan melemahkan lawan, maka kalian merupakan orang hebat yang tentu bisa menjadi pemimpin pemerinthan,”katanya.

 

Ditambahkan permainan catur sebagai permainan cerdas, sehingga ia berharap melalui turnamen ini juga dapat menghasilkan pemain catur yang khusunya Kota Jayapura yang berprestasi.

 

Sementara itu,  Ketua Percasi Kota Jayapura, Merlan Uloli menambahkan,  dengan memanfaatkan momen HUT Kota Jayapura dan juga menuju PON 2020 maka Percasi memberikan kontribusi melalui olahraga catur kepada Pemerintah Daerah.

 

Hal ini untuk membina bakat-bakat catur, mulai dari SD,SMP,dan SMA.

 

Ia menjelaskan kenapa sampai menggandeng pihak Mall Jayapura dalam pelaksanaan turnamen ini.

 

“Kami menggandeng pihak Mall Jayapura dan masyarakat sangat antusias, juga pihak Mall sangat sangat antusias dalam turut serta dalam perhelatan PON 2020 nanti,” katanya.

 

Dirinya mengakui, sejak dilantik menjadi Percasi Kota Jayapura, pembinaan catur melalui turnamen sudah 2 kali digelar yaitu pada tahun 2018 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional dengan hari ini yang bertepatan dengan HUT Kota Jayapura ke-109.

 

“Komitmen Percasi Kota ialah bagaimana bisa menghasilkan atlet baru malelui turnamen yang kami lakukan dan mereka akan kita bina, dari sejak dini sehingga tercapai cita-cita mereka sebagai pecatur yang profesional,” tandasnya. ( Ardiles / lintaspapua.com )

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123